Muspika Setia Siap Gelar Kenduri Ulee Lhung ‘Acara sebelum tanam’

oleh -176 views
Camat Setia Ariswandi,SE.

ABDYA ACEH, Jumat (20/10/2017) suaraindonesia-news.com – Untuk memaksimalkan target pemerintah terkait dengan swasembada pangan,Muspika bersama petani padi, keujreun blang dan hob keujreun di kecamatan Setia memggelar Kenduri Ulee Lhung (acara sebelum tanam) yang direncanakan di lokasi sungai Kreung Suak Desa Rambong kecamatan setempat.

Dari impormasi yang dihimpun oleh awak media ini, kenduri Ulee Lhung tersebut, nantinya langsung dihadiri oleh bupati dan wakil bupati Abdya Akmal Ibrahim dan Muslizar MT, unsur Forkopimkab serta kepala SKPK yang terkait.

“Agenda direncanakan pada hari Sabtu depan tanggal 28 Oktober 2017 dan pada malam dilaksanakan doa samadiah dan pengajian tardarus,” sebut Camat Setia Ariswandi.

Menurut Ariswandi, digelarnya kenduri sebelum masa tanam itu supaya para petani dan Keujreun-keujreun blang kompak dalam upaya mensukseskan tanam serentak yang di programkan pemerintah setempat.

Baca Juga: Ambulance Model Lama Dibiarkan Jadi Rongsok 

“Apa yang diharapkan oleh pemerintah target menuju Lubung Swasembada pangan hendaknya tercapai, selain untuk kebutuhan sediri Abdya nantinya juga siap menjadi kabupaten pengexspor pangan,” tegas Ariswandi.

Selanjutnya, terang Ariswandi, dalam pencapain target-target itu intansi terkait harus siap siaga dengan peralatan, seperti Hand Traktor, Traktor 4WD, dan lain-lainnya.

“Sehingga tidak ada isue lahan persawahan petani terlambat tergarab,” imbuhnya.

Dijelaskan Camat Ariswandi, bedasarkan monografi Gampong luas lahan sawah petani padi di wilayah kerjanya saat ini sejumlah 14,94 Ha.

“Pihak Distranpan sudah mempunyai data kelompok tani, tentu sangat membantu dalam pembagian Alsintannya,” tuntasnya.

Sementara itu, kepala BPBK Abdya, Amiruddin terkait program tanam serentak mengakui, pihaknya juga sudah menyiapakan segala fasilitas pendukung jika suatu saat terjadi kendala bagi petani dilapangan yang diakibatkan oleh bencana.

“Kita siap mendukung dan telah menyiapakan segala fasilitas. Jika ada lahan tidak teralirkan air kita siap membantu karena kita punya alat, bila alat nya kurang nanti juga ada di dpu Abdya,” singkat Amiruddin.(Nazli/Jie).

Tinggalkan Balasan