Meriahkan HUT Abdya, Ribuan Pelajar Ikuti Lomba Mewarnai

oleh -151 Dilihat
Foto : Wakil Bupati Abdya Muslizar MT saat membuka lomba mewarnai yang berlangsung di jalan dua jalur kedai paya menuju kompleks perkantoran Pemkab Abdya.

ABDYA, Selasa (17/5/2022) suaraindonesia-news.com – Sebanyak seribu lima ratus pelajar tingkat taman kanak-kana (TK) dan sekolah dasar (SD) sederajat, mengikuti lomba mewarnai yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun (HUT) Kabupaten Setempat yang ke-20.

Wakil Bupati Abdya Muslizar, MT pada kesempatan tersebut mengatakan direncanakan setiap peringatan HUT Abdya, dalam memeriahkannya selalu dilaksanakan berbagai perlombaan-perlombaan termasuk Pameran, tetapi berhubung Covid-19, dua kali peringatan HUT Abdya yang ke 18 dan 19 kegiatannya terpaksa ditunda.

“Pada Hut Abdya yang Ke 20 ini, dinamika politik di Abdya mulai membaik dan ekonomipun juga sudah baik,” ungkap orang nomor dua di pemkab Abdya itu.

“Ini merupakan ulang tahun emas ke 20 kabupaten Abdya dan yang terakhir bagi kami pemerintahan Akmal – Muslizar dalam memimpin Kabupaten ini, dan dibulan agustus nanti kami akan mengakhiri jabatan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Abdya,” sebutnya.

Wabup juga menyampaikan terimakasih kepada para ASN yang telah memberikan dukungannya selama lima tahun ini sehingga roda pemerintahan dapat berjalan dengan baik.

Sementara itu, Kadisdikbud Abdya Jauhari, S. Pd selaku Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan, mengatakan, peserta yang mengikuti lomba mewarnai dimaksud merupakan siswa TK dan SD sederajat. Terdapat sekitar 500 pelajar TK yang telah mendaftar sebagai peserta sekitar 1.000 tingkat SD sederajat.

Lanjutnya, pelaksanaan lomba yang berlangsung di jalan dua jalur kompleks perkantoran Pemkab Abdya itu mendapatkan perhatian khusus dari pihak sekolah hingga wali murid. Apalagi ajang perlombaan mewarnai itu sangat banyak manfaatnya bagi peserta didik.

Lebih lanjut ia menyampaikan, bahwa hari jadi Abdya merupakan hari yang bersejarah bagi seluruh warga Abdya, sehingga momen itu sangat penting untuk diketahui oleh seluruh lapisan masyarakat, khususnya kalangan pelajar. Maka dari itu, dia meminta agar momen itu dijadikan sebagai motivasi untuk terus meningkatkan perjuangan dan terus berkarya demi kemajuan daerah.

“Bagi peserta didik, berkarya dalam hal pendidikan sudah sangat membantu dalam memajukan daerah serta menjadikan daerah yang memiliki daya saing dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi,” tuturnya.

Di jelaskan, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan potensi anak terutama dibidang kreativitas dan juga dapat membuat anak bisa mengembangkan diri mereka melalui menggambar serta mewarnai. Dilihat dari segi kretivitas para peserta tidak diragukan lagi, bahkan mereka memiliki potensi terpendam, terlebih peserta yang datang tersebut rata-rata didampingi oleh dewan guru juga keluarganya.

“Orang tua sudah melihat sendiri kreativitas anaknya, kita harapkan para orang tua dapat membantu mengembangkan serta mendukung dalam hal positif demi meningkatkan daya pikir dan imajinasi anak,” tuturnya.

Sambungnya lagi, ada beberapa manfaat menggambar dan mewarnai bagi anak diantaranya, dapat mengembangkan keterampilan motorik halus. Keterampilan motorik halus mencakup semua gerakan khusus tangan, pergelangan tangan dan jari.

Kemudian, kata dia, harus membantu membangun konsentrasi apalagi kebanyakan anak suka menggambar dan mewarnai.

“Kegiatan ini akan memberikan waktu untuk meraka membangun konsep konsentrasi dan latihan. Meningkatkan koordinasi mata dan tangan, meningkatkan kepercayaan diri dan terakhir anak bisa berlatih memecahkan masalah secara kreatif,” urai Kadisdikbud Jauhari.

Reporter : Nazli
Editor : Redaksi
Publisher : Ipul

Tinggalkan Balasan