Mahasiswa Papua di Jember Dukung Kondusifitas Wilayah

Persatuan Mahasiswa Papua di Jember berfoto bersama Kapolres dan Dandim usai mengikuti lomba futsal Kapolres Cup 2019 di GOR Kaliwates. (Foto: Istimewa)

JEMBER, Selasa (20/8/2019) suaraindonesia-news.com – Situasi konflik di Papua Barat, tak mempengaruhi para mahasiswa dan pelajar asal Papua yang sedang menempuh pendidikan di Jember Jawa Timur.

Itu terlihat, ketika mahasiswa dan pelajar asal Papua di Jember mengikuti lomba futsal  dalam rangka memperingati HUT ke 74 RI, Senin (19/8) malam.

“Kami semua sudah sepakat untuk tidak ikut campur permasalahan itu (konflik Papua Barat, red). Tujuan kami hanya belajar,” kata Ketua Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Papua di Jember, Tri Romy Yanengga.

Bahkan, dirinya pun mengajak rekan-rekannya sesama mahasiswa
dan pelajar asal Papua untuk ikut serta mendukung lomba olahraga yang diselenggarakan Polres Jember dalam rangka memperingati hari kemerdekaan.

“Jember sangat kondusif. Kami bersama sahabat-sahabat
mahasiswa dan pelajar Papua lainnya, sepakat untuk tidak keluar dari Jember. Sekali lagi, tujuan kami disini hanyalah belajar,” ungkapnya.

Sementara itu, Kalpores Jember AKBP. Kusworo Wibowo mengaku sebelumnya telah meminta para mahasiswa dan pelajar asal Papua di Jember untuk tidak terpengaruh dengan konflik di beberapa kota.

“Kita semua bersaudara dan mari kita serahkan untuk konflik yang di Surabaya dan di Malang untuk ditangani oleh aparat keamanan di daerahnya masing-masing dan insiden tersebut tidak merepresentasikan kearifan lokal masyarakat Jawa Timur dan mari kita hadapi dengan kepala dingin, dengan kekeluargaan, kita semua bersaudara,” ucap Kapolres Jember, AKBP. Kusworo.

Komandan Kodim 0824/Jember, Letkol Inf La Ode M. Nurdin menuturkan, jika pihaknya bersama aparat keamanan terkait akan menjamin keamanan pelajar dan mahasiswa Papua di Jember.

“Saya dan pak Kapolres sudah saling berkoordinasi dan bersinergi untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada adik-adik kita dari Papua yang sekarang berada di Jember untuk belajar,” tegasnya.

Tidak hanya itu saja, mantan Dandim 0831/Surabaya Timur itu
juga mengimbau seluruh masyarakat untuk ikut serta menjaga keamanan dan kondusifitas yang selama ini sudah terwujud dengan baik.

“Mari bersama-sama mewujudkan Kabupaten Jember yang aman
dan damai,” pintanya.

Reporter : Guntur Rahmatullah
Editor : Amin
Publisher : Mariska

 


Warning: A non-numeric value encountered in /home/suaraindonesia/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here