LSM Geumaseh Minta Seluruh Rumah Sakit di Aceh Harus Jamin Stok APD Tenaga Kesehatan Terpenuhi

oleh
Ketua LSM Geumaseh Faidhil.

BANDA ACEH, Rabu (18/03/2020) suaraindonesia-news.com – LSM Geumaseh meminta seluruh Rumah Sakit yang ada di Aceh baik Swasta maupun Pemerintah termasuk Puskesmas agar dapat menjamin ketersediaan stok Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga kesehatan yang bekerja.

“Benar dari hasil pantauan kita, petugas kesehatan yang bekerja di Rumah Sakit di berbagai daerah di Aceh mulai defisit APD terutama masker, ada yang hanya diberi 1(satu) masker dalam 1 Shift kerja, ada yang sudah tidak ada sama sekali, bahkan ada RS yang meminta petugas untuk membeli sendiri, ini sangat beresiko besar mengancam keselamatan petugas kesehatan yang akan tertular berbagai penyakit bukan hanya corona,” Kata Faidhil selaku Ketua LSM Geumaseh kepada suaraindonesia-news.com. Rabu (18/03) di Banda Aceh.

Kekurangan masker mulai dirasakan sejak sepekan yang lalu setelah Indonesia mulai mendapatkan kasus positif covid-19.

“Sudah lebih sepekan sejak di temukan kasus positif terinfeksi virus corona di Indonesia, bagaimana mungkin kita menghadapi Corona tingkat masker saja untuk pemberi pelayanan tidak ada,” lanjut Faidhil.

Geumaseh meminta Gubernur Aceh, Para Bupati dan pemilik rumah sakit swasta untuk segera bersama-sama memikirkan langkah cepat guna mendapatkan solusi terbaik terkait dengan defisit APD berjenis masker.

“Kita minta kepada Pemerintah dan Pemilik RS Swasta di Aceh agar segera mencari solusi terkait dengan kelangkaan masker ini, jangan terkesan Rumah Sakit memberi pelayanan asal jadi tanpa prinsip safety karena tenaga kesehatan sangat rentan tertular berbagai virus saat bekerja,” tutup Faidhil.

Reporter : Masri
Editor : Amin
Publisher : Ela

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *