Disdukcapil Abdya Gelar Pelatihan Penguatan PRG Se-Abdya

oleh -46 views
Asisten II Setdakab Ir. Much Tavip, MM, atas nama Bupati Abdya Akmal Ibrahim SH saat membuka acara sosialisasi Adminduk di Aula Tgk. Dikila Bappeda.

ABDYA, Selasa (27/7/2021) suaraindonesia-news.com – Dalam rangka meningkatkan Pengelolaan Informasi Administrasi bagi Kepala Desa dan Petugas Registrasi Gampong (PRG), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menggelar Sosialisasi.

Pantauan awak media, kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Asisten II Setdakab Abdya Ir. Much Tavip, MM, yang turut dihadiri oleh para Camat se Abdya dan diikuti oleh Kepala Desa, PRG serta undangan lainnya yang berlangsung di Aula Tgk. Dikila Bappeda Abdya.

Kepala Disdukcapil Abdya Jamaluddin, S. Pd dalam sambutannya menyampaikan, acara sosialisasi tersebut diikuti oleh seluruh Kepala Desa dan Petugas Registrasi Gampong se Kabupaten Abdya dengan jumlah 304 peserta.

“Kegiatan sosialisasi ini hanya dikhususkan untuk kepala Desa dan PRG yang akan dilaksanakan selama tiga hari, dari tanggal 27 sampai 29 Juli 2021,” kata Jamaluddin.

Selanjutnya, Jamaluddin juga menjelaskan, mengingat situasi pandemi dan menghindari kerumunan, kegiatan ini dibagi dalam tiga sesi, yaitu sesi pertama tanggal 27 Juli diikuti oleh peserta dari Kecamatan Blangpidie, Susoh, dan Setia, tanggal 28 peserta dari Kecamatan Jeumpa, Kuala Batee dan Babahrot, sementara tanggal 29 juli diikuti oleh peserta dari Kecamatan Tangan-Tangan, Manggeng, dan Lembah Sabil.

“Para peserta harus mengikuti Sosialisasi ini secara serius dan sungguh-sungguh, sehingga ilmu dan berbagai pengetahuan yang diperoleh dapat diterapkan untuk mewujudkan pelayanan kependudukan yang baik bagi masyarakat Abdya,” tutur Jamaluddin.

Sementara itu Asisten II Setdakab Abdya Ir. Much Tavip, MM, atas nama Bupati Abdya Akmal Ibrahim SH menyebutkan, data kependudukan memiliki peranan penting dalam perencanaan pembangunan daerah, termasuk dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Namun demikian, mengingat pentingnya data kependudukan tersebut, menurutnya, kegiatan sosialisasi Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan yang dilaksanakan oleh Disdukcapil Abdya tersebut sangat berguna untuk membekali para kepala Desa dan PRG serta pegawai Disdukcapil, sehingga memudahkan mereka dalam melaksanakan tugas keseharian dalam melayani masyarakat.

“Kegiatan sosialisasi tersebut bertujuan memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada PRG tentang pelayanan kependudukan berbasis gampong di Kabupaten Aceh Abdya, Selain itu, dapat memfasilitasi dan membimbing para peserta untuk dapat memenuhi kebutuhan dokumen kependudukan bagi masyarakat,” pungkasnya.

Reporter : Nazli
Editor : Redaksi
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *