Disdik Sumenep Dorong Lingkungan Sekolah Aman dan Nyaman untuk Siswa Baru Selama MPLS

oleh -6 views
Foto: Kantor Dinas Pendidikan di Jl. Dr. Cipto No. 35 Kabupaten Sumenep.

SUMENEP, Jum’at (05/06) suaraindonesia-news.com – Dinas Pendidikan (Disdik) Sumenep, Madura, Jawa Timur, berkomitmen menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan nyaman bagi siswa baru selama Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) pada PPDB 2024.

Komitmen ini bertujuan untuk menghapus praktik perpeloncoan dan kekerasan atau bullying di seluruh satuan pendidikan setingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) menjadi salah satu fokus utama mengingat pentingnya kegiatan ini bagi siswa baru. Hal ini sesuai dengan Permendikbudristek Nomor 46 Tahun 2023 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan.

Moh. Fajar Hidayat, Kepala Bidang Pembinaan SMP Disdik Sumenep, mengungkapkan bahwa sosialisasi tentang MPLS telah dilakukan di setiap satuan pendidikan untuk memastikan kenyamanan siswa baru selama kegiatan tersebut.

“Kami sudah sosialisasi di setiap satuan pendidikan, untuk memastikan memberikan rasa aman dan nyaman terhadap siswa baru selama MPLS hingga sekolah nanti,” kata Fajar saat diwawancarai di ruangannya, Kamis (04/07).

Fajar menambahkan bahwa pelaksanaan MPLS dilakukan secara mandiri oleh masing-masing satuan pendidikan di Sumenep, dengan pengawasan ketat dari Disdik Sumenep.

Baca Juga: Oknum Kasek dan Guru PPPK di Sumenep Ditetapkan sebagai Tersangka Kasus Perselingkuhan

“Nanti ada pengawasan dari kami, masing-masing pengawas itu akan ada di setiap sekolah,” jelasnya.

Ia juga mengimbau agar setiap satuan pendidikan benar-benar memperhatikan dan melaksanakan kegiatan selama MPLS hingga kegiatan belajar mengajar berlangsung sesuai dengan aturan yang telah disosialisasikan. Hal ini diharapkan dapat menciptakan suasana belajar yang kondusif dan bebas dari kekerasan.

“Kami berharap, dan itu harus dilakukan oleh semua pihak di satuan pendidikan, agar pelaksanaan MPLS berjalan tertib, lancar, tidak ada kekerasan, tidak ada perpeloncoan, dan lain sebagainya,” tegas Fajar.

Menurutnya, dengan adanya kebijakan ini, Disdik Sumenep berupaya keras untuk menciptakan lingkungan sekolah yang mendukung perkembangan positif bagi semua siswa, terutama siswa baru yang sedang beradaptasi dengan lingkungan sekolah yang baru.

“Untuk data jumlah keseluruhan yang mendaftar di SMP sekarang masih belum selesai tapi insyaallah akan segera selesai,” pungkasnya.

Sebagai informasi, masa Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP 2024 berakhir pada Kamis (04/07), dan kemudian akan diselenggarakannya Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di setiap satuan pendidikan di Sumenep.

Reporter: Ari
Editor: Amin
Publisher: Eka Putri

Tinggalkan Balasan