Bakesbangpol Sampang Minta Parpol Segera Ajukan Proses Pencairan Dana Banpol

oleh -59 views
Kepala Bakesbangpol Sampang Rudi Setyadi

SAMPANG, Senin (20/8/2018) suaraindonesia-news.com – Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Sampang, meminta pada 11 Partai Politik (Parpol) yang memiliki kursi di DPRD Sampang, agar segera mengajukan proses pencairan kucuran dana operasional untuk partai politik. Total anggaran sumbangan dana Banpol Tahun 2018 sebesar Rp 1,3 miliar.

Informasi dari Kepala Bakesbangpol Sampang, H. Rudi Setyadi melalui Kabid Hubungan Antar Lembaga Abdul Rahem menjelaskan, sampai saat ini masih ada partai politik (Parpol) yang belum mengurus pengajuan proses pencairan kucuran dana operasional tersebut.

Adapun persyaratan yang harus dipenuhi oleh partai politik yaitu, fotocopi akte notaris pendirian, fotocopi salinan kepengurusan parpol, fotocopi surat keterangan nomor pokok wajib pajak, nomor rekening kas umum parpol, surat keterangan hasil penetapan perolehan kursi.

Selanjutnya, rencana penggunaan dana bantuan ke uangan parpol, laporan evalusasi penerimaan dana pengeluaran bantuan ke uangan yang bersumber dari APBN, dan surat pernyataan ketua parpol yang menyatakan bertanggung jawab secara formil dan materil.

ā€œDasar hukum bantuan dana parpol sesuai Permendagri nomor 36 Tahun 2018, tentang tata cara penghitungan, penganggaran dalam APBD dan tertib administrasi, pengajuan, pengeluaran dan laporan pertanggung jawaban penggunaan bantuan ke uangan parpol,ā€ jelasnya.

Kantor Bakesbangpol Sampang

Rudi menjelaskannya, adapun partai yang mendapatkan kucuran dana bantuan operasional adalah PKB, Gerindra, PPP, Demokrat, Hanura, PBB, PKS, NasDem, PDI-P, PAN dan Golkar.

“Masing-masing partai politik mendapat angka anggaran yang berbeda sesuai dengan jumlah perolehan suara di DPRD Sampang,” ujarnya, kemarin.

Ditambahkan Rudi, nilai harga persuara mendapat Rp. 1.976 dikalikan jumlah suara yang diperoleh partai politik pada saat pilihan legeslatif (pileg). Sehingga, dasar bantuan yang diterima menyesuaikan jumlah suara.

Menurutnya, anggaran untuk partai politik dapat cair pada tahun 2018. Lantaran Laporan Hasil Pemeriksaan pada setiap partai sudah keluar dari Badan Pemeriksaan Keuangan Republik Indonesia 2017 lalu.

“Parpol mulai bisa mengajukan proses pencairan anggaran. Karena, LHP dari BPK RI sudah keluar. Jika semua parpol sudah mengajukan proses pencairan dan perlengkapan berkas-berkasnya sudah dipenuhi, maka pada bulan September dana bantuan parpol sudah dapat di cairkan,” tandasnya.

Reporter : Nora/luluk
Editor : Amin
Publisher : Imam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *