Pangdam XVIII Kasuari Resmikan Kodim Raja Ampat

Prosesi Peresmian Kantor Kodim 1805/Raja Ampat Ditandai Dengan Pengguntingan Pita, Senin 20 Agustus 2018. (Foto: Zainal La Adala)

RAJA AMPAT, Senin (20/8/2018) suaraindonesia-news.com – Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Mulyono melalui Panglima Komando Daerah Militer (Pangkodam) XVIII/Kasuari Mayor Jenderal (Mayjen) TNI, Joppye Onesimus Wayangkau meresmikan kantor Komando Distrik Militer (Kodim) 1805/Raja Ampat, Senin (20/8/2018) pagi.

Selain itu, Mayjen TNI Joppye Onesimus Wayangkau melantik Letnan Kolonel (Letkol) Infantri, Josef P.Kaiba sebagai Komandan pertama di Kodim Raja Ampat. Mayjen TNI Joppye Onesimus Wayangkau dalam amanatnya menyampaikan, Kodim 1805/Raja Ampat merupakan satuan baru yang dibangun di wilayah Komando Resor Militer (Korem) 171/Praja Vira Tama (PVT).

“Kodim Raja Ampat sekarang terpisah dari Kodim Sorong dengan wilayah binaan kabupaten Raja Ampat,” kata Joppye.

Dijelaskan, Kodim Raja Ampat mempunyai tugas pokok sebagai satuan Komando kewilayahan yang menyelenggarakan pembinaan, teritorial dan pertahanan darat dalam rangka mendukung tugas pokok Korem 171/PVT.

Wilayah Kodim Raja Ampat meliputi dua puluh empat (24) Distrik (Kecamatan) yang tersebar yang merupakan tantangan terbesar dalam menjalankan tugas.

Baca Juga: 3 Orang Fotografer Cabul, Ditahan 

“Saya berharap, komandan kodim Raja Ampat memahami tugas pokok dan dapat menata satuan baru agar tidak membutuhkan waktu yang lama untuk dapat beroperasional sebagaimana kodim lainnya di Indonesia,” ujar Joppye.

Menurutnya, keberadaan Kodim Raja Ampat harus segera diikuti dengan penataan fasilitas, dan perlengkepan yang menjadi tanggungjawab Komandan satuan, melengkapi merawat dan menjaga perlengkapan yang dapat dipertanggungjawabkan kepada satuan tersebut.

Jenderal bintang dua, Joppye Oneimus Wayangkau, mengingatkan, kepada Dandim Raja Ampat untuk melakukan kerjasama kepada Pemerintah, stakeholder didaerah setempat. Tujuannya agar semua tugas dapat berjalan dengan baik.

Dengan diresmikannnya Kodim Raja Ampat yang membawahi empat Koramil, Mayjen Joppye meminta kepada Komandan Korem 171/Pvt dapat mengendalikan dan mengawasi operasional satuan yang dimaksud dengan baik agar Kodim 1805/Raja Ampat dapat mewujudkan harapan Komando atas sebagai satuan komando kewilayahan dan dapat berkontribusi bagi kemajuan pembangunan Kabupaten Raja Ampat.

Ia berharap, agar pemerintah, tokoh adat, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh perempuan dan seluruh lapisan masyarakat kabupaten Raja Ampat dapat mendukung Kodim Raja Ampat dalam melaksanakan tugas membantu pemerintah untuk kesejahteraan masyarakat.

Reporter : Zainal La Adala
Editor : Amin
Publisher : Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here