100 Pegiat Lingkungan Inginkan Sungai Brantas Bebas Sampah

Foto: Sebanyak 100 pegiat lingkungan dari berbagai organisasi di kota Batu, Minggu (3/9) pagi bersama-sama membersihkan sampah di areal anak kali brantas tepatnya di sekitar alun alun kota Batu, dengan harapan sungai brantas bebas dari sampah. (Foto: Adi Wiyono/SI)

KOTA BATU, Minggu (3 September 2017) suaraindonesia-news.com – Sebanyak 100 pegiat lingkungan dari berbagai organisasi di kota Batu, Minggu (3/9) pagi bersama-sama  membersihkan sampah di areal anak kali brantas tepatnya di sekitar alun alun kota Batu, dengan harapan sungai brantas  bebas dari sampah.

Ketua Forum Kota Batu Sehat (FKBS) Salma Safitri  mengatakan kegiatan saber atau sapu bersih sampah sungai brantas itu diikuti sekitar 100 organisasi pencinta lingkungan dan akan dilakukan setiap minggu sekali hingga berlangsung 55 minggu.

Setiap pekan dikoordinir oleh organisasi/kelompok berbeda secara swadaya.

“Rencananya kegiatan tersebut satu minggu sekali, hal ini dimaksudkan demi menyelamatkan sungai brantas agar bersih dan bebas dari sampah,” kata salma Safitri.

Menurutnya, Kota Batu adalah hulu sungai Sungai Brantas,yang menghidupi sedikitnya 17 Kab./Kota di Jawa Timur harus memastikan hulu sungai Brantas bersih dari sampah dan polusi.

“Tadi 100 pegiat lingkungan itu  membersihkan sampah, mulai plastic, botol, bahkan ada kasur yang dibuang di kali, semuanya sudah di bersihkan, Alhamduliilah mereka semua antosias menyelamatkan  sungai brantas,” jelasnya.

Kata alumni Fakultas Hukum Universitas Brawijaya ini,  Sebagai hulu sungai brantas, warga Kota Batu memiliki tanggungjawab penting menjaga kelestarian sungai ini.

Memastikan sumber air bersih dari polusi dan sampah. Sebab, 17 kabupaten/Kota di Jawa Timur menggantungkan hidupnya dari Sungai Brantas, untuk pasokan air rumah tangga dan pertanian. (Adi Wiyono).


Warning: A non-numeric value encountered in /home/suaraindonesia/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here