Walikota Probolinggo: Pramuka Memiliki Peran Penting Dalam Menjaga dan Membangun Keutuhan NKRI

Walikota Probolinggo, Hadi Zainal Abidin.

PROBOLINGGO, Rabu (14/8/2019) suaraindonesia-news.com – Peringatan Hari Pramuka ke 58 dengan tema ‘Bersama Segenap Elemen Bangsa Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI’ dengan tema tersebut artinya Pramuka mempunyai peran penting dalam menjaga dan membangun keutuhan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ini.

Dengan maraknya isyu yang berkembang pada masyarakat sekarang ini terkait radikalisme, terorisme, masalah lingkungan maka Pramuka mempunyai peran penting untuk ikut andil dalam membangun keutuhan bangsa dan NKRI.

Karena didalam Pramuka itu sendiri dari susunan kepengurusan Kwarcab, selain Kepala Daerah, Wakil Kepala Daerah, Kapolres, Kepolisian, TNI ada unsur Kejaksaan, Pengadian Negeri (PN) dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

“Ini suatu organisasi yang sangat luar biasa. Tentunya kita ingin tingkatkan peranan dan keterlibatannya untuk bisa megedukasi masyarakat,” ungkap Walikota Probolinggo, Hadi Zainal Abidin usai menghadiri apel besar Hari Jadi Pramuka ke 58 yang di gelar di halaman Makodim 0820 Probolinggo, Rabu (14/8) pagi.

“Seperti masalah lingkungan. Karena tadi disampaikan masalah lingkungan kita harus ikut aktif. Sehingga kita bisa ikut andil membangun generasi kedepannya. Sehingga tidak kita korbankan apa yang ada sekarang. Tapi untuk melestarikan supaya generasi selanjutnya bisa merasakan ini semua,” ujar Walikota yang lebih populis disapa dengan sebutan Habib Hadi ini.

Habib Hadi juga mengatakan, masalah itu adalah keterlibatan semua elemen masyarakat, dengan adanya hari jadi Pramuka yang ke 58 ini mempunyai semangat yang sama antara Pemerintahan dengan organisasi Pramuka ini untuk ikut serta menjaga keutuhan NKRI.

“Kalau kita berbicara keutuhan NKRI sangat luas maknanya. Karena apa yang menjadi problem kita semua ini, disamping masalah lingkungan, masalah radikalisme, terorisme itu menjadi tantangan kita,” ucap Habib Hadi.

Selain itu, lanjut Habib Hadi, tentunya ada hal-hal yang harus kita latih dari Pramuka ini untuk kesiapan apabila ada bencana dan lain sebagainya.

“Itu yang menjadi motivasi untuk tahun ini,” sebutnya.

Menurut Habib Hadi, mengedukasi masyarakat harus bertahab, yang mana dimulai dari anak-anak usia dini mulai dilatih.

“Dari paud tentunya disitu ada peran orang tua yang ikut mendampingi. Dengan bertahap sehingga bisa berjalan dan kebersamaan,” terangnya.

“Kita akan tingkatkan, pramuka diberi posisi ataupun jaringan yang punya peran penting untuk keberlangsungan keutuhan bangsa NKRI ini. Ini moment penting yang harus kita tanamkan pada jiwa Pramuka ini. Bahwasannya kita mempunyai andil peran untuk bangsa negara kita ini,” tambahnya.

Orang nomor satu di Kota Probolinggo ini pun menyerukan, dengan semangat tunas muda semoga bisa melahirkan pemimpin masa depan. Melalui gerakan pramuka mampu mewujudkan bangsa yang berkarakter dan bermartabat.

“Mari kita gelorakan kebersamaan rasa persaudaraan dan saling menghargai, riang gembira dan pantang putus asa. Itulah jiwa Pramuka. Jadikan Pramuka sebagai wadah untuk mendukung masa depan Kota Probolinggo yang lebih baik,” serunya.

Reporter : S. Widjanarko
Editor : Amin
Publisher : Mariska

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here