Sukses Tekan Angka Stunting, Pemkab Pamekasan Terima Dua Penghargaan

oleh -9 views
Foto: Pemkab Pamekasan, Madura, Jawa Timur saat menerima dua penghargaan dalam kategori sukses menekan angkat stunting.

PAMEKASAN, Kamis (09/11/2023) suaraindonesia-news.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Madura, Jawa Timur, menerima dua penghargaan dalam kategori sukses menekan angkat stunting.

Penghargaan sebagai daerah penurunan stunting dan angka stunting terendah tersebut diberikan oleh koran harian Surya saat ulang tahun ke 34 di Dyandra Convention Center Surabaya, Kamis (9/11/2023).

Plh Sekda Pamekasan, Nurul Widiastuti usai menerima penghargaan menyampaikan, keberhasilan dalam menurunkan angka stunting itu tidak hanya peran dinas kesehatan, melainkan keberhasilan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Pamekasan, serta dukungan semua lapisan masyarakat.

“Tentunya kita patut bersyukur, ini kerja keras kita bersama dari pemerintah daerah dan masyarakat dalam menekan angka stunting,” ungkap Nurul, Plh Sekda Pamekasan.

Menurutnya, berdasarkan laporan satgas angka stunting di daerahnya terus menunjukkan angka positif. Saat ini hanya sekitar 6 persen dari sebelumnya 8 persen dari angka awal 38 persen.

“Target kita tidak hanya rendah, tetapi nol. Bagaimana masyarakat sehat jiwa dan raganya, akhlaknya juga. Sehingga, Pamekasan hebat kita capai,” paparnya.

Nurut menegaskan, masing-masing OPD harus sesuai dengan tupoksinya, misalnya perikanan bagaimana memperluas bantuan-bantuan protein di wilayah wilayah yang tinggi stunting.

“Sementara dinas kesehatan tentu mengawal dari imunisasi lengkap, mengawal dari remaja, ibu hamil yang didampingi dari pihak KB,” terangnya.

Dia berharap, masyarakat dapat meningkatkan pengetahuan tentang stunting dan kesehatan secara umum, mulai sejak hamil hingga lansia. Sebab, stunting ini berkaitan dengan kualitas generasi bangsa Indonesia di masa yang akan datang.

“Saya berharap program ke depan jadi program prioritas sesuai arahan presiden. Yang kita tangani ke depan, kemiskinan ekstrim, dan penurunan angka stunting,” tandasnya.

Reporter : May
Editor : Amin
Publisher : Eka Putri

Tinggalkan Balasan