Puncak Peringatan HUT ke-78 Pomad, Pomdam VI/Mlw Gelar Apel Corps dan Syukuran

oleh -272 views
Foto: Danpomdam VI/Mlw Kolonel Cpm Johny Paul Johannes Pelupessy didampingi istri memberikan potongan tumpeng kepada prajurit berprestasi juara 3 under 63 kilogram putra di Porprov Taekwondo Kaltim 2023 Serda Rizqi Abi Purnama dalam acara syukuran HUT ke-78 Pomad di Mako Pomdam VI/Mlw, Sabtu, (22/6).

BALIKPAPAN, Sabtu (22/6) suaraindonesia-news.com – Polisi Militer Kodam VI Mulawarman (Pomdam VI/Mlw) menggelar Apel Corps dan syukuran dalam rangka memperingati puncak HUT ke-78 Polisi Militer Angkatan Darat (Pomad).

Kegiatan ini mengusung tema “Dedikasi Tanpa Henti, Mengabdikan Kiprah Pomad Menyongsong Indonesia Emas”.

Apel dan syukuran dipimpin langsung Danpomdam VI/Mlw Kolonel Cpm Johny Paul Johannes Pelupessy dan dihadiri oleh Wadan Pomdam VI/Mlw, para perwira, bintara, tamtama, PNS Pomdam VI/Mlw, dan para ibu persit Pomdam VI/Mlw.

Kegiatan yang dipusatkan di Mako Pomdam VI/Mlw ini juga dihadiri oleh para purnawirawan dan warakauri Corps Polisi Militer Pomdam VI/Mlw, Kakanwil Bea Cukai Kalbagtim, Kabid P2 Bea Cukai Kalbagtim, Kaajasdam VI/Mlw Kolonel Inf Herry Riana Sukma, Kakundam VI/Mlw Kolonel Chk Jimmy Cardin, Kaotmil IV – 16 Bpp Kolonel Kum Ardiman Nur.

Kemudian Kabid Propam Polda Kaltim diwakili oleh Kasubid Watprov AKBP M. Farid Djauhari, Danden Pomal Mayor Laut (PM) Ronald Lodwjk Ganap, Dansatpom AU Mayor Pom Agung Setyo Darmawan serta para tamu undangan.

Syukuran ini ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Danpomdam VI/Mlw Kolonel Cpm Johny Paul Johannes Pelupessy didampingi istri.

Potongan tumpeng ini kemudian diberikan kepada prajurit berprestasi juara 3 under 63 kilogram putra di Porprov Taekwondo Kaltim 2023 Serda Rizqi Abi Purnama.

Tidak hanya itu, Danpomdam VI/Mlw juga memberikan potongan kue tart kepada prajurit yang akan memasuki Masa Persiapan Pensiun (MPP) Pelda Supardi jabatan Bamil Staltahmil Pomdam VI/Mlw.

Baca Juga: Posek Balikpapan Utara Ciduk Pelaku Curanmor

Danpomdam VI/Mlw Kolonel Cpm Johny Paul Johannes Pelupessy mengatakan Apel Corps dan syukuran ini merupakan kegiatan puncak dari serangkaian kegiatan yang sudah dilaksanakan sebelumnya sejak bulan April 2024 di seluruh jajaran Satpomad khususnya Pomdam VI/Mlw dalam rangka HUT ke-78 Corps Polisi Militer TNI Angkatan Darat.

“Kegiatan ini tidak hanya terfokus kepada kegiatan internal, tetapi juga melibatkan beberapa kegiatan sosial seperti doa bersama, bhakti sosial, anjangsana, donor darah, ziarah rombongan dan karya bakti,” ujar Johny.

Ia menjelaskan kegiatan acara syukuran HUT ke-78 Corps Polisi Militer TNI Angkatan Darat ini juga akan dilaksanakan oleh Satpomad di seluruh Indonesia yang akan terpusat di Pusdikpom Cimahi pada tanggal 25 Juni 2024 mendatang.

“Hal ini sebagai wujud syukur setelah lebih dari tujuh dekade memberikan pengabdian untuk kepentingan TNI, Bangsa, Negara dan berkarya untuk kemajuan Corps Polisi Militer,” kata Johny.

Ia mengungkapkan, diusianya yang ke-78 tahun ini Corps Polisi Militer TNI AD masih dipercaya dalam pelaksanaan tugas yang bersifat strategis diantaranya Satgas SEMPU di Lebanon, Satgas MONUSCO di Kongo dan Pengawalan Protokoler Kenegaraan.

Baca Juga: Tendangan Bola Pertama Wakapolda Kaltim Tandai Pembukaan Tournament Mini Socer U-10 Kapolda Cup 2024

“Dengan tantangan tugas di masa depan yang semakin berat maka semboyan Corps Polisi militer harus “Profesional, Responsif, Integratif Modern dan Adaptif”, sesuai dengan motto HUT tahun ini,” ungkapnya.

Ia mengharapkan Corps baret biru ini kedepannya semakin dicintai masyarakat, dan fungsinya tidak hanya dirasakan oleh TNI Angkatan Darat, tetapi juga oleh masyarakat luas khususnya di Balikpapan dan Kalimantan Timur.

Lebih lanjut Johny menjelaskan bahwa dalam pelaksanaan HUT ke-78 Pomad ini, pihaknya juga melaksanakan program tahunan Ops Gaktib Yustisi.

Hingga saat ini, ia menegaskan, tidak ditemukan pelanggaran apapun terhadap prajurit di jajaran Pomdam VI/Mlw, Denpom hingga Sub Denpom.

“Ini merupakan prestasi buat kita, karena Polisi Militer selain penegak hukum dan tata tertib, juga bisa sebagai contoh bagi semua anggota TNI AD,” tegasnya.

Kendati demikian, ia mengakui terdapat beberapa pelanggaran yang dilakukan oleh prajurit TNI AD diluar satuan Pomdam VI/Mlw.

“Pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh anggota TNI AD ada beberapa, yang banyak pelanggaran desersi atau meninggalkan tugas tanpa pemberitahuan dan pelanggaran lainnya seperti laka lalin,” paparnya.

Johny menambahkan, dalam menyongsong Indonesia Emas 2045 yang merupakan program pemerintah, maka kedepannya Pomdam VI/Mlw dalam melakukan penerimaan prajurit akan lebih selektif.

Dalam artian, kata Johny, harus benar-benar memiliki kemampuan secara keseluruhan, terutama dari Sumber Daya Manusia (SDM). Karena tugas yang akan di emban oleh prajurit Polisi Militer berkaitan dengan pengamanan VVIP dan Protokoler Kenegaraan.

“Tugas utama Polisi Militer berkaitan dengan pengamanan VVIP dan Protokoler Kenegaraan. Sehingga kedepannya kita akan lebih selektif dalam melakukan penerimaan prajurit, mereka harus benar-benar memiliki kemampuan dan menjadi prajurit yang terpilih,” jelasnya.

Disamping itu, terkait dengan rencana Upacara HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia yang akan dipusatkan di IKN, ia mengatakan pihaknya sudah mempersiapkan sarana dan prasarana termasuk kesiapan personel.

Bahkan, ia menyebut, Pomdam VI/Mlw belum lama ini mendapat dukungan 2 unit mobil listrik dan 4 unit motor listrik, dimana kendaraan tersebut nantinya akan dipergunakan pada saat pelaksanaan kegiatan HUT Kemerdekaan RI di IKN.

“Sarana dan prasarana kita sudah persiapkan, personel juga sudah kita latih. Baru-baru ini kita juga sudah mendapat dukungan 2 unit mobil listrik dan 4 unit motor listrik yang akan digunakan pada saat pelaksanaan HUT ke-79 di IKN nanti,” ujarnya.

Reporter: Fauzi
Editor: Amin
Publisher: Eka Putri

Tinggalkan Balasan