Presiden Jokowi; PON Ke-XX Papua Panggung Persatuan – Kebersamaan Untuk Maju Dan Sejahtera Bersama Dalam Bingkai NKRI

oleh -77 views
Foto : Presiden RI Joko Widodo saat pembukaan PON XX Papua, Sabtu (2/10/21) malam.

JAYAPURA, Minggu (3/10/2021) suaraindonesia-news.com – Pekan Olah Raga Nasional (PON) ke-XX Papua resmi dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo di Stadion Lukas Enembe Jaya Pura, Sabtu (2/10/21) malam.

Pembukaan PON XX 2021 yang disiarkan Live Streaming oleh Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden itu juga dihadiri secara virtual oleh Ketua MPRI, Ketua DPRI, Ketua DPD RI, Para Duta Besar Negara Sahabat, para Menteri Kabinet Indonesia Maju, Ketua Umum KONI beserta ketua panitia besar PON ke-XX Papua, Gubernur Papua Lukas Enembe, serta Gubernur, Bupati dan Wali Kota seluruh Indonesia.

Wakil Ketua Umum KONI Pusat Soedarmo sekaligus Ketua Tim Keabsahan PON ke-XX Papua mengatakan, Pekan Olahraga Nasional ke XX 2021 di Papua ini diikuti 34 Kontingen dari 34 provinsi, dengan jumlah atlet sebanyak 6116 atlet tamu dan 923 atlet tuan rumah Papua, dengan mempertandingkan 37 cabang olahraga yang terdiri dari 56 disiplin dan 681 nomor pertandingan, memperebutkan 681 medali emas 681 medali perak dan 877 medali perunggu.

Penyelenggaraannya tersebar di 4 Cluster meliputi kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika dan kabupaten Merauke. Sebanyak 45 venue berstandar nasional bahkan sebagian diantaranya berstandar internasional termasuk yang digunakan untuk upacara pembukaan Pon ke-20 2021 hari ini dan akan berakhir tanggal 15 Oktober 2021.

Dilaporkan, pertandingan sudah dimulai pada 22 September 2021 dengan klasemen sementara perolehan medali sampai dengan sebelum pembukaan malam ini, yaitu Provinsi DKI Jakarta 28 medali emas, Provinsi Papua 17 medali emas, Provinsi Jawa Barat 11 medali emas.

PON ke XX di Papua ini diharapkan tidak hanya sukses prestasi saja, namun juga sukses penyelenggaraan, sukses administrasi, sukses ekonomi dan sukses pasca Pon ini juga digunakan sebagai ajang meningkatkan silaturahmi menciptakan suasana kebersamaan sesama anak bangsa saling berlaga untuk menjadi yang terbaik namun tetap mengedepankan sportivitas dan rasa persaudaraan serta sebagai alat pemersatu bangsa.

Kegiatan pelaksanaan PON ke XX ini dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat mengingat penyelenggaraan PON ke-XX 2021 saat ini di masa pandemi covid 19.

PON kali ini diharapkan dapat dijadikan kebangkitan prestasi olahraga Indonesia khususnya dan kebangkitan bangsa Indonesia dari masa pandemi covid 19. PON di Papua kali ini diharapkan juga dapat bermanfaat baik terhadap pembinaan olahraga prestasi dan melahirkan atlet masa depan Indonesia yang akan mengangkat harkat dan martabat Indonesia pada setiap event olah raga yang diikutinya.

Presiden RI Joko Widodo pembukaan PON XX-2021 Papua mengungkapkan rasa bangga ditanah Papua dan rasa bangga di stadion terbaik di Asia Pasific ini.

“Kita bangga membuka PON yang pertama kali diselenggarakan ditanah Papua ini,” ungkap Presiden RI Joko Widodo mengawali sambutannya.

Presiden RI Joko Widodo menyampaikan, Pekan Olah Raga ini menggambarkan kemajuan Papua, menunjukkan kesiapan infrastruktur ditanah Papua dan kesiapan masyarakat Papua dalam menyelenggarakan acara besar untuk berprestasi di kancah nasional dan internasional.

Menurut Presiden Joko Widodo, PON XX Papua kali ini juga punya makna besar bagi seluruh masyarakat indonesia.

“PON ini adalah panggung persatuan, panggung kebersamaan, panggung persaudaraan. PON ini adalah panggung kesetaraan dan panggung keadilan untuk maju bersama, sejahtera bersama dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujarnya.

Presiden juga menyebut, Stadion Lukas Enembe yang sangat megah ini bukan satu satunya simbul kemajuan Papua. Konektifitas laut, konektifitas darat, konektifitas udara, bandara, pelabuhan, jalan lintas Papua serta pengembangan SDM Papua merupakan capaian capaian lain dari kemajuan Papua. Selain terus meningkatkan kualitas dan kuantitas lembaga pendidikan formal.

“Saya tadi pagi juga meresmikan dimulainya pembangunan Papua Youth Creative Hub, untuk mencetak wirausaha yang sukses yang bisa meningkatkan nilai tambah dari potensi potensi yang ada di Papua,” ungkap Presiden Joko Widodo.

Ptestasi anak muda Papua harus terus di pupuk dan kita kembangkan, prestasi atlet Papua seperti atlet angkat besi Lisa Rombewas, Serafi Anelies Unani (Atletik) Franklin Ramses Burumi (Atletik), Boaz Solossa (Sepak bola). Harus diikuti oleh anak muda anak muda Papua lainnya.

Kreatifitas dibidang musik, seni dan budaya yang sangat membanggakan. Lagu Cuma Saya dari M.A.C dan Jangan Ganggu dari Shine Of Black pasti akan diikuti oleh karya karya yang tak kalah hebat oleh karya karya yang tak kalah hebatnya oleh anak anak muda Papua.

“Mari kita junjung sportivitas, mempererat tali persaudaraan, kebersamaan, keseteraan serta persatuan dan kesatuan bangsa. Yakinlah kemajuan Papua akan berjalan cepat, mari kita tunjukkan partisipasi kita untuk menjamin keberhasilan PON ke-XX ini,” pungkas orang nomor satu di NKRI ini.

Reporter : S.Widjanarko
Editor : Redaksi
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *