Presiden Jokowi Groundbreaking PLN Hub di IKN, Nilai Investasi Rp 1 Triliun

oleh -60 views
Foto: Presiden Jokowi meresmikan groundbreaking PLN Hub di IKN. Rabu (5/6).

PENAJAM, Rabu (5/6) suaraindonesia-news.com – PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan Icon Plus akan membangun PLN Hub sebagai smart electricity Telecommunication and Digital Centre di IKN dengan nilai investasi Rp 1 triliun.

Hal ini untuk mendukung ekosistem ketenagalistrikan terintegrasi di Nusantara berbasis smart and green energy.

Peresmian groundbreaking pembangunan PLN Hub ini dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam kunjungan kerjanya ke IKN, Rabu (5/6).

“Investasi di Nusantara artinya adalah membeli masa depan, karena kita ingin melakukan transformasi ekonomi karena ekonomi global terus berubah arah, semua berubah dan itu harus diantisipasi,” kata Jokowi dalam sambutannya.

Jokowi mengungkapkan, bahwa selama ini dirinya sering kali dipertanyakan masalah energi hijau oleh para investor yang akan berinvestasi di IKN.

“Setiap ada investor yang ingin masuk, selalu yang ditanyakan adalah tentang energi hijau. Kita harapkan terjadi perubahan mindset kita semua tentang penggunaan energi hijau, khususnya di nusantara, yang nanti 100% akan menggunakan energi hijau,” ungkapnya.

Telecommunication and Digital Centre ini akan dibangun di atas tanah seluas 1,39 hektare dengan nilai investasi sebesar Rp1 Triliun. Nantinya akan menjadi sebuah kawasan terpadu yang terdiri atas perkantoran, komersial, dan Green Hydrogen Park.

Baca Juga: Presiden Jokowi Resmikan Pembangunan Gedung BTN di IKN

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menyatakan, pihaknya berkomitmen penuh menyiapkan sistem kelistrikan andal di IKN dengan mengusung konsep teknologi ‘state of the art’ berbasis pada pasokan listrik yang berteknologi pintar, indah, dan ramah lingkungan.

Selain itu, PLN melalui subholding PLN Icon Plus juga mendukung jaringan telekomunikasi yang akan terbangun di IKN.

“Pembangunan Kantor PLN dan izin penyediaan infrastruktur telekomunikasi oleh PLN Icon Plus ini merupakan upaya PLN mendukung IKN menjadi kota hijau, futuristik dan berkelanjutan. Sehingga listrik yang dihadirkan berbasis pasokan ramah lingkungan,” ujar Darmawan.

Darmawan menambahkan, groundbreaking PLN HUB menandakan bahwa pekerjaan rancang dan bangunan untuk membuat IKN menjadi green city telah dimulai.

“Dari sini, PLN akan langsung mengakselerasi pembangunan PLN HUB, infrastruktur pendukung dan site development,” jelasnya.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Otorita IKN, Basuki Hadimuljono menyatakan dukungannya terhadap pembangunan Telecommunication and Digital Centre tersebut. Pihaknya akan menyiapkan fasilitas dasar yang ada di IKN.

Ia mengatakan, kelistrikan adalah fondasi dasar dari sebuah kota untuk bisa hidup dan berkembang.

“Adanya Telecommunication and Digital Centre dari PLN, kita memberikan dukungan penuh akan kemajuan yang akan dimiliki IKN nantinya,” kata Basuki.

Reporter : Fauzi
Editor: Amin
Publisher: Eka Putri

Tinggalkan Balasan