Petani Diberikan Pilihan Teknologi Untuk Tingkatkan Pendapatan

LUMAJANG, Selasa (30/10/2018) suaraindonesia-news.com – PT Advansia Indotani yang bergerak dalam bidang perlindungan tanaman dengan paket produk pertanian lengkap menggelar Pasar Teknologi, yang berlangsung di Desa Klanting, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, siang.

Produk Manajemen Pangan PT Advansia Indotani, Ivan Febriana kepada awak media mengatakan, kegiatan pasar teknologi sudah di lakukan di beberapa lokasi di seluruh Indonesia, salah satunya disini.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pilihan teknologi kepada petani khususnya petani Kecamatan Sukodono dalam meningkatkan pendapatannya,” jelasnya.

PT Advansia Indotani, menurut Ivan, senangtiasa memberikan bimbingan langsung kepada petani, yang nantinya mereka akan memggunakan produk tersebut, seperti Amolin dan Apronil, karena produk ini di yakini dapat meningkatkan produksi.

“Dibeberapa wilayah produk ini sudah terbukti, jika berhasil makan ketahanan pangan nasional dapat direalisasikan,” imbuhnya.

Baca Juga: Petani Diberikan Pilihan Teknologi Untuk Tingkatkan Pendapatan 

Selaku Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Desa Klanting, Siswandi, mengungkapkan kalau Advansia ini tidak hanya menjual produk kepada petani saja, tetapi yang lebih penting melakukan pendampingan teknologi dari mulai pengolahan lahan, penanganan benih hingga pemeliharaan tanaman padi sampai panen, seperti yang dilakukan pada lahan milik pak Bisri.

Kata Siswandi, mencontohkan keberhasilan lahan milik pak Bisri yang didampingi Advansia karena dikawal mulai dari persiapan lahan hingga panen.

“Petani dalam pemberantasan hama tanaman padi paling tidak mengikuti lima tepat, yaitu tepat sasaran, waktu, dosis, jenis dan tepat aplikasi,” ujar mantan PPL Desa Senduro ini.

Menurut Siswandi, pestisida salah satu sarana produksi untuk mendukung peningkatan produksi pertanian di Desa Klanting, Kecamatan Sukodono.

Meski demikian ia mengharapkan agar petani harus bijaksana menggunakan pestisida guna menjaga keamanan pangan. “Makanya dalam menggunakan pestisida harus lima tepat. Dan apa yang dilakukan Advansia ini sangat tepat, sebab selain dapat meningkatkan produksi pangan yang berwawasan lingkungan juga mendukung ketahanan pangan nasional,” pungkasnya.

Reporter : Achmad Fuad Afdlol
Editor : Agira
Publisher : Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here