Pemkot Batu Akan Bangun SMPN 7 di Junrejo

oleh -37 views
Sebuah kawasan Junrejo akan dibangun sebuah gedung SMPN 7.

KOTA BATU, Jumaat (13/12/2019) suaraindonesia-news.com – Pemerintah kota (Pemkot) Batu dalam waktu dekat ini akan membangun sebuah gedung baru SMP Negeri 7 di Kecamatan Junrejo. Rencananya pembangunan gedung baru ini akan menggunakan dana murni Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) kota Batu.

Namun demikian Pemkot Batu sendiri belum bisa memastikan lokasi dimana akan dibangunnya sebuah gedung baru tersebut, lantaran ada dua usulan dari pemerintah desa yang berkeinginan di wilayahnya untuk dibangun gedung baru yakni Desa Tlekung dan Desa Pendem.

“SMP Negeri 7 kota Batu sekarang ini sangatlah dibutuhkan, sebab dengan diberlakukan sistem zonasi banyak siswa asal Pendem, Tlekung dan Junrejo tidak tertampung, karena berada jauh dari zonasi SMPN 3 kota Batu,“ kata Camat Junrejo, Arief Rachman Ardyasana S.STP saat ditemui di kantornya, Jumat (13/12/2019).

Menurutnya, meski SMPN 3 kota Batu berada diwilayah kecamatan Junrejo, tapi dengan sistem zonasi, siswa asal junrejo banyak yang tidak diterimanya, sedang siswa yang diterima kebanyakan tahun 2019 pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), malah siswa asal kelurahan Temas, desa Beji, desa Oro-oro ombo dan Kelurahan Sisir yang diterimanya yang lokasinya berdekatan dengan SMPN 3.

“Dengan dibangunnya sekolah baru itu, siswa asal desa Pendem, desa Tlekung, kelurahan Dadaprejo diharapkan bisa tertampung di SMPN 7, dan perlu diingat kuota penerimaan siswa di SMPN 3 sangat terbatas,” jelas Arief Rachman Ardyasana.

Ia yakin dengan berdirinya sebuah gedung baru SMPN 7 di Junrejo, masyarakat banyak yang mendukungnya. Pertama Desa Pendem mengusulkan agar SMPN 7 dibangun di wilayahnya dan berikutnya desa Tlekung juga menghendaki demikian. Ini membuktikan bahwa mereka mendukungnya pembangunan gedung sekolah baru.

Untuk penentuan lokasi dimana akan dibangunnya sebuah gedung SMPN 7, kata Arief, pemerintah sekarang ini focus melakukan kajian. Kajian ini dilakukan oleh Dinas Pendidikan, Bapeda kota Batu dan pihak terkait, bila hasilnya sudah klier pelaksanaan pembangunan gedung SMPN 7 kota Batu, sudah bisa dilaksanakan.

Sementara itu Imam N salah satu tokoh masyarakat Junrejo menyetujuinya, terkait rencana akan dibangunnya SMPN 7 kota Batu, alasannya agar siswa yang berasal dari Junrejo bisa tertampung dan merasakan di sekolah negeri, biaya gratis.

“Saya setuju dengan dibangunya sekolah baru, harapan saya agar anak-anak asal Junrejo bisa tertampung, sebab dengan sisitem zonasi itu banyak anak-anak yang menjadi korban, Sekolah di SMPN 3 tidak diterima karena terbentur Zonasi,” ujar Imam.

Reporter : Adi Wiyono
Editor : Amin
Publisher : Oca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *