Panwas Jember Siap Awasi Verfak

oleh
Devi Aulia Ket Komisioner Panwas Jember Divisi Pengawasan.

JEMBER, Rabu (31/01/2018) suaraindonesia-news.com – Pengawas Pemilu Kabupaten (Panwaskab) Jember, Jawa Timur, kembali melakukan pengawasan Verifikasi Faktual (VerFak) yang dilakukan KPU terhadap keanggotaan partai politik di Kabupaten Jember, Rabu (31/1).

Sesuai dengan putusan Mahkamah Konstistusi (MK) Nomor 53/PUU-XV/2017 untuk melaksanakan verifikasi faktual terhadap seluruh partai politik calon peserta Pemilu 2019.

Pelaksanaan verfak akan berlangsung selama tiga hari, dimulai dari hari Selasa 30 Januari sampai tanggal 1 Februari 2018.

Komisioner Panwas Kabupaten, Devi Aulia selaku Divisi Pencegahan menuturkan bahwa dirinya siap mengawal pelaksanaan verifikasi faktual yang akan dilakukan oleh KPU kepada pengurus dan keanggotaan parpol yang ada di Jember.

Baca Juga: Overload Napi, Kemenkumham Tambah Personil Lapas Seluruh Indonesia 

“Sesuai dengan tugas dan fungsinya maka kami sebagai panwas Kabupaten siap turun kelapangan untuk memastikan proses verifikasi di parpol dilakukan sesuai dengan aturan yang sudah ditentukan,” terangnya.

Adapun partai politik yang diverifikasi oleh KPU pada hari Selasa kemaren yaitu, PAN, PKS, PKB, PSI, Garuda dan Golkar. Sedangkan untuk hari ini Rabu 31 Januari 2018 partai politik yang dilakukan Verfak antara lain, Partai Demokrat, Hanura, PPP, Nasdem dan PKPI. Masing-masing partai tersebut mendatangkan anggotanya minimal sebanyak 5% dari jumlah anggota keseluruhan.

Devi juga menerangkan bahwa verifikasi yang dilakukan kepada anggota dan pengurus partai meliputi, Nomer Induk Kependudukan (NIK KTP) beserta Kartu Tanda Anggota (KTA) disesuaikan dengan data yang ada di Sipol.

“Jika ada data yang tidak sesuai serta anggota yang didatangkan juga tidak memenuhi 5% maka partai tersebut bisa melengkapi di KPU sampai dengan waktu yang sudah ditentukan,” Pungkasnya.

Reporter: Eko Riswanto
Editor : Amin
Publisher : Tolak Imam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *