Pangdam V Brawijaya; Babinsa Dan Babinkamtibmas Ujung Tombak Untuk Mengedukasi Masyarakat Menghadapi Penyebaran Covid-19

oleh -75 views
Foto : Pangdam V Brawijaya, Mayjen TNI Widodo Iryansyah, S.Sos. MM saat memberi arahan kepada para Babinsa dan Danramil jajaran Kodim 0820 Probolinggo.

PROBOLINGGO, Senin (27/7/2020) suaraindonesia-news.com – Pangdam V Brawijaya, Mayjen TNI Widodo Iryansyah, S.Sos.MM, dimasa pandemi Covid-19 melakukan kunjungan kerja ke jajaran Kodim yang ada diwilayahnya. Kunjungan kerja tersebut salah satunya dalam rangka memberi arahan kepada Babinsa dan Komandan Koramil (Danramil) dalam menghadapi penyebaran Covid-19.

Selain di Probollinggo, di kota dan kabupaten lain juga saya kunjungi. Dalam kunjungan kerja ini, saya memberikan arahan kepada para Babinsa dan Danramil dalam menghadapi penyebaran Covid-19. Karena merekalah orang-orang terdepan dalam menghadapi penyebaran Covid-19 ini, ungkap Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Widodo Iryansyah, S.Sos. MM kepada insan pers saat melakukan kunjungan kerja di Kodim 0820 Probolinggo, Senin (27/7/20) siang.

“Alhamdulillah, Kota dan Kabupaten Probolinggo Covid-19 penyebarannya tidak terlalu tinggi, sehingga saya cukup senang melihat para Babinsa dan para Danramil masih sehat semuanya, dan masih semangat. Itu artinya mereka betul-betul bisa mengetrapkan protokol kesehatan,” ujar Pangdam.

Pangdam katakan, orang-orang ini yang terdepan yang harus kita lindungi dulu. Para Babinsa ini usianya rata-rata diatas 45 tahun namun semangatnya masih luar biasa.

“Dari semangat itulah imunnya bagus, dan dari semangat itulah mereka bisa terselamatkan dari Covid-19,” kata Pangdam.

Dalam kunjungan ini saya harus memotivasi, saya harus mensuport prajurit-prajurit saya yang ada dilapangan. Karena Babinsa dan Babinkamtibmas yang selama ini kerjanya sudah luar biasa dalam memberikan edukasi kepada masyarakat, membimbing dan memberitau bagaimana cara menghadapi Covid-19, dan bagaimana kita harus mengetrapkan protokol kesehatan, displin, dan sebagainya.

“Ini hanya Babinsa dan Babinkamtibmas yang menjadi ujung tombak kita yang bisa kita andalkan,” seru Pangdam.

Kepada masyarakat dihimbau, kita akan menghadapi new normal, masa transisi ini kita harus bisa membiasakan diri dengan protokol kesehatan. Kita harus membiasakan diri pakai masker, sering cuci tangan, dan menjaga jarak.

“Itu harus dibiasakan sebelum kita nanti memasuki new normal,” himbaunya.

Kedatangan Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Widodo Iryansyah di Kodim 0820 Probolinggo ini, juga disambut oleh Danrem 083, Wakil Wali (Wawali) Kota Probolinggo, Mochammad Soufis Subri, Kapolres Probolinggo Kota AKBP Ambariyadi Wijaya dan Kapolres Probolinggo AKBP Ferdy Irawan.

Ditempat yang sama, Wawali Mochammad Soufis Subri mengatakan, bahwa kepada Pandam V disampaikan kondisi perkembangan Covid-19 di kota probolinggo, serta bagaimana kerjasamanya antara TNI-POLRI dan Pemkot Probolinggo.

“Alhamdulillah apa yang kita sampaikan mendapat semacam apresiasi dari Pangdam. Memang kita punya kedekatan diantara TNI-POLRI yang selama ini tidak ada data Covid-19 yang kita tutupi. Kalau sampai meningkat apa solusinya, semua sudah saya sampaikan,” kata Wawali Subri.

Menurut Pangdam, memang ini tidak hanya di Probolinggo saja, tapi se Jawa Timur bahkan se Indonesia. Pangdam juga menyarankan di rumah sakit harus ada yang mengawal dan ada yang menjaga, imbuh wawali.

Sementara Dandim 0820 Probolinggo Letkol Inf. Imam Wibowo menjelaskan, kunjungan Pandam V Brawijaya adalah dalam rangka mengecek jajarannya. Salah satunya adalah Kodim 0820 Probolinggo yang merupakan satuan dibawah Korem 083 dan dibawah lingkungan Pangdam V Brawijaya.

“Inilah wujud kepedulian Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Widodo Iryansyah, S.Sos. MM. Dengan memberikan semangat, dan memberikan arahan, khususnya terkait tugas TNI dan terkait tugas sebagai tim penanganan Covid-19 agar dapat menjaga keamanan, menjaga kesehatan, sehingga dalam pelaksanaannya tetap aman dan tetap sehat,” jelas Dandim Letkol. Inf. Imam Wibowo.

Reporter : Singgih Widjanarko
Editor : Amin
Publisher : Ela

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *