Kunjungi Pembuangan Sampah, Bupati Hendy : TPA Pakusari Kini Tak Lagi Kumuh, Justru Jadi Destinasi Wisata Daur Ulang

oleh -293 views
Bupati Hendy Siswanto berfoto bersama di depan patung dinosaurus yang terbuat dari limbah sampah. (Foto: Dok. Pemkab JEmber).

JEMBER, Jumat (27/08/2021) suaraindonesia-news.com – Bupati Jember untuk pertama kalinya mengunjungi Tempat Pembuangan Sampah di Pakusari Jember. Dia mengaku takjub dengan keadaan TPA tersebut yang justru berbanding terbalik menjadi destinasi wisata.

“Ini hebat sekali, saya baru pertama kali ke TPA Pakusari selama saya dilantik belum setahun ini. Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Pakusari ini justru menjadi destinasi wisata daur ulang yang keren,” kata Bupati Hendy pada Jumat (27/8).

Bupati Hendy menyampaikan bahwa TPA Pakusari terkelola dengan baik, kondisinya rapi, ada taman bermainnya, spot foto, namun masih perlu adanya peningkatan pengolahan sampah lebih lanjut. Dia menyebut setidaknya ada 160 ton sampah setiap hari di TPA Pakusari ini.

“Kita juga akan gandeng stakeholder dari Prancis, jadi mereka akan membersihkan sungai. Sungai itu dibendung dengan alat yang ringan jadi sampahnya akan mengendap, mereka akan membersihkan sendiri dan akan dikelolanya tapi tetap bersama-sama dengan masyarakat sekitar,” sambung Bupati Hendy.

Dia mengaku saat ini pihaknya sedang merumuskan Perda Sampah sebagai landasan hukum manajemen pengelolaan sampah di Kabupaten Jember.

Dalam kunjungan tersebut, Bupati Hendy juga membagikan paket bantuan kepada para pemulung sampah dan warga sekitar TPA Pakusari.

Reporter : Guntur Rahmatullah
Editor : Redaksi
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *