Kiat Sukses Cetak SDM Berkarakter Bagi Kasek Kraton 2 dan Makna Eksistensi Generasi Bangsa Menurut Ketua Pejalan

oleh
H. Moh Sahmol, S.Pd Ka SDN Kraton 2 Bangkalan. (Foto: Anam/SI)

BANGKALAN, Senin (28/10/2019) suaraindonesia-news.com – H. Moh Sahmol, S.Pd Kapala Sekolah Dasar Negeri Kraton 2 Kecamatan, Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timu menyatakan, generasi muda perlu dibimbing dalam mendapat pendidikan karakter berkualitas yang terus ditanamkan sejak dini.

Dia juga menyatakan, dalam mempermudah maksimalisasi peran pendidik dalam mencetak generasi berkualitas dari segala aspek perlu intensitas komunikasi yang dilakukan oleh jajaran pendidik dan orang tua siswa.

Selain itu kata dia, guru juga harus bekerja semaksimal mungkin dan sering sharing dengan para wali murid perihal kemajuan terlebih pada kendala yang didapati setiap saatnya agar bisa lebih mudah dalam menciptakan anak didik yang berprestasi dibidang mata pelajaran serta berbakti pada kedua orang tuanya.

“Pendidikan itu bukan hanya di sekolah saja, melainkan juga diluar sekolah, terutama dilingkungan keluarga, juga dalam memberikan tugas tambahan PR (Pekerjaan Rumah) sebaiknya seorang guru bisa mengukur pada kemampuan peserta didiknya, sehingga tidak terkesan yang dilakukan oleh guru formalitas dan normativ saja,” jelas Sahmol kala dikonfirmasi awak media perihal kiat melahirkan siswa berprestasi.

Selain itu kata dia, makna pendidikan menurut Sahmol merupakan salah satu ujung tombak dalam mengenalkan sejarah pada siswa terlebih semenjak usia dini salah satunya seperti agenda peringatan Hari Sumpah Pemuda yang bertepatan pada hari ini senin 28 Oktober 2019 ini.

“Saya berharap, seluruh anak didik kami mengedepankan budaya sebagai jati diri. Salah satunya adalah diterapkan pada hubungan kehidupan yang rukun dan guyub serta mengedepankan rasa gotongroyong dan musyawarah,” tambahnya bernada penuh harapan.

Dia juga menambahkan, bahwa sebagai penerus perjuangan, semua siswa harus meneladani semangat juang para pahlawan pendahulu bersatu untuk memajukan kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Pesan saya kepada semua siswa untuk terus rajin belajar dan sekolah setinggi-tingginya agar sama-sama bisa maksimal dalam berjuang untuk memajukan Negara Indonesia tercinta ini,” jelasnya menutup pernyataan.

Terpisah, Syaiful Anam Ketua Perkumpulan Jurnalis Bangkalan (PEJALAN) saat diminta keterangan perihal makna generasi muda pada Hari Peringatan Sumpah Pemuda dirinya berharap agar kalangan muda terus berlomba mengisi kemerdekaan Bangsa Indonesia dengan berbagai prestasi.

“Mari terus berkompetisi dalam mengisi kemerdekaan Republik Indonesia (RI) tercinta ini dengan berbagai macam prestasi berdasarka profesi masing-masing yang berguna bagi nusa dan bangsa terlebih berperilaku yang mencerminkan pemuda agamis dalam mewujudkan negara yang makmur adil dan sejahtera,” katanya memaparkan harapan.

Reporter : Anam
Editor : Amin
Publisher : Marisa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *