Ketua Himpaudi Jember : Terima Kasih BOP PAUD Sudah Dicairkan, Semoga ke Depan Dinaikkan

oleh -411 views
Bupati Jember Hendy Siswanto menyerahkan BOP PAUD kepada perwakilan lembaga PAUD. (Foto: Dok.Pemkab Jember)

JEMBER, Sabtu (04/12/2021) suaraindonesia-news.com – Ketua Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) cabang Jember Rifdatul Afiyah mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Jember yang telah menuntaskan pencairan Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) untuk semua lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dengan total senilai Rp19,6 miliar. Dana tersebut adalah pencairan tahap II bagi 913 Taman Kanak-Kanak (TK), 447 Kelompok Bermain (KB), 7 Tempat Penitipan Anak (TPA), dan 324 Satuan PAUD Sejenis (SPS). Perhitungannya yaitu Rp. 600.000 per  satu murid dikali 65.641 peserta didik.

“Terima kasih kepada bapak Bupati Hendy telah mencairkan seluruh BOP PAUD. Kalau dari tahun sebelumnya, pencairan tahun ini lebih cepat, biasanya baru cair pada pertengahan desember,” kata Rifdatul Afiyah, Jumat malam (03/12/2021).

Sementara untuk insentif bagi guru PAUD, Rifdatul Afiyah menyampaikan bulan 1 hingga bulan 10 sudah terbayarkan. “Untuk bulan 11 dan 12 rencananya minggu depan dicairkan juga,” sambungnya.

Rifdatul Afiyah menyampaikan setiap tenaga pengajar mendapatkan insentif sebesar Rp. 320.000 perbulan.

Rifda berharap pemerintah dapat menaikkan besaran BOP PAUD ke depannya, mengingat kebutuhan pembelajaran semakin naik.

“Nominal BOP adalah Rp. 600.000 per tahun untuk satu murid, berarti kan perbulannya Rp. 50.000, sebetulnya masih kurang untuk operasional, ya harapannya bisa dinaikkan karena memang kebutuhannya banyak, anak PAUD sekarang kan harus banyak praktek supaya mereka lebih paham scientific itu pertama harapannya besaran BOP PAUD bisa naik,” ujar Rifda.

Kedua untuk kesejahteraan, dia berharap pemerintah menaikkan insentif guru PAUD mengingat pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan di masa emas anak.

“Dengan insentif Rp. 320.000 per guru perbulan sebetulnya sangat kecil, banyak dari guru PAUD masih nyambi kerjaan yang lain misal dengan berjualan online pakaian, buka catering, dan lain-lain sehingga kurang fokus mengajar,” sambungnya.

Meski demikian dia mengapresiasi Kabupaten Jember sudah bagus insentifnya sejumlah Rp. 320.000 perbulan, jika dibandingkan daerah lainnya masih banyak yang di bawah itu.

“Kami berterima kasih sudah ada perhatian, apabila bisa dinaikkan ya tambah Alhamdulillah begitu,” harapnya.

Bupati Jember Hendy Siswanto secara simbolis menyerahkan BOP PAUD tahap 2 kepada 150 orang perwakilan lembaga PAUD di Jember. Acara tersebut berlangsung di Aula Dinas Pendidikan, pada Jumat (03/12/2021).

“Hari ini kami menyerahkan BOP kepada 1600 lebih lembaga PAUD di Jember, secara simbolis hadir sekarang 150 orang secara langsung,” ungkap Bupati Hendy.

Hendy menambahkan, minggu depan untuk insentif bagi guru PAUD juga dicairkan.

“Pokoknya bulan ini cair semua,” kata Bupati Hendy disambut tepuk tangan gembira para guru PAUD.

 

Reporter : Guntur Rahmatullah
Editor : Amin
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan