Kaum Lansia, Menjadi Perhatian Khusus di Jember

Sosialisasi pembentukan karang Warda di Pendopo Kabupaten Jember. (Foto: istimewah).

JEMBER, Rabu (08 November 2017) suaraindonesia-news.com – Penduduk yang masuk kategori lanjut usia (Lansia) di Kabupaten Jember tergolong besar, sehingga menuntut Pemerintah Kabupaten Jember untuk melakukan perhatian khusus kepadanya.

Untuk menyikapi hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Jember mencanangkan program karang werda, di mana para lansia akan dibentuk kelompok di masing-masing desa atau kelurahan untuk dilakukan bembinaan agar mereka tetap produktif.

“Pembinaannya, meliputi bidang kesehatan, sosial budaya, ekonomi, agama serta cara pemecahan permasalahan yang dihadapi oleh para lansia.” Ujar Bupati. Hj. Faida, MMR., dalam acara Sosialisasi Karang Werda di Pendopo Wahya Wibawagraha Jember, Selasa (7/11/2017).

Baca Juga: Keikutsertaan Perempuan Jadi Panwascam Jember Rendah, Ini Tanggapan Bupati 

Diungkapkan juga oleh Bupati bahwa Jumlah lansia di Jember cukup besar. “Ada sekita 10,9 persen atau sekitar 200 ribu lebih penduduk di Jember masuk dalam kategori lansia dengan usia di atas 60 tahun,” ungkap Bupati.

Sehingga dengan dibentuknya karang wreda di setiap desa dan kelurahan, diharapkan para lansia bisa mendapatkan perhatian. Baik dari sisi kesehatan, sosial, ekonomi, serta bantuan dan tempat yang layak.

Lebih dari itu, Pemkab Jember, bahkan juga akan memberikan fasilitas sarana prasarana di setiap area publik untuk lansia. Baik itu di alun-alun kota atau di setiap desa. (Eko/Jie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here