Kakanwil Jatim Buka Festival Band WBP di Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan

oleh -26 views
Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim, Imam Jauhari bersama jajaran saat membuka Festival Band WBP di Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan.

PAMEKASAN, Rabu (12/07/2023) suaraindonesia-news.com – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Jawa Timur (Jatim) membuka Festival Band Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) se Korwil Madura.

Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim, Imam Jauhari mengatakan, Festival Band WBP yang berlangsung di lapangan Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan ini dalam rangka Hari Dharma Karya Dika (HDKD) 2023.

“Festival band ini merupakan langkah positif kepada WBP yang mempunyai hobi dan kreasi, sehingga bakat tersebut bisa dikembangkan dan akhirnya ketika kembali ke masyarakat tidak akan melakukan perbuatan yang melanggar hukum,” katanya.

Menurut dia, semua lapas telah melakukan pembinaan termasuk pembinaan tentang kreatifitas para WBP sehingga WBP mampu mengembangkan bakatnya setelah menyelesaikan masa tahanan.

“Kami berharap para WBP setelah terjun kembali ke masyarakat dapat lebih baik lagi dalam menjalani hidup sehingga, tidak tersandung hukum kembali, dan kepada masyarakat dapat menerima para WBP dengan baik,” jelasnya.

Sementara itu, Plt Kepala Lapas (Kalapas) Kelas IIA Pamekasan, Edy Junaedi menyampaikan, Festival Band yang diikuti oleh 5 perwakilan dari rutan di wilayah Madura bisa meningkatkan bakatnya di bidang kreasi musik, agar nantinya punya bekal setelah bebas.

“Ada 7 kriteria yang menjadi penilaian para dewan juri adalah, penguasaan panggung, penguasaan materi lagu, skiil, kekompakan, kreatifitas, moral,” ungkapnya.

Pihaknya berharap dengan festival band ini mampu memberikan arah yang lebih baik kepada para WBP untuk lebih baik lagi kedepannya.

Acara tersebut dihadiri langsung oleh Kadiv Pemasyarakatan Kanwil Jatim, Kalapas Narkotika IIA Pamekasan, Kalapas IIA Pamekasan, Karutan Sumenep, Karutan Sampang, Karutan Bangkalan, Kabapas Pamekasan, Kalapas Arjasa, pejabat struktural, dan seluruh petugas pemasyarakatan Korwil Madura.

Reporter : May
Editor : Wakid Maulana
Publisher : Nurul Anam

Tinggalkan Balasan