Kadispendik Jember Jamin Kesiapan Ujian Nasional 100 Persen

oleh -75 views
Kadispendik Jember, Edy Budi Susilo memantau pelaksanaan UNBK di SMPN 7 Jember. (Foto: Guntur Rahmatullah)

JEMBER, Senin (22/4/2019) suaraindonesia-news.com – Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP dan MTs baik negeri maupun swasta diselenggakan serentak se-Indonesia, berlangsung selama 4 hari mulai tanggal 22 hingga 25 April 2019. Hal yang sama juga tingkat SD dan MI baik negeri maupun swasta, dimana hari ini juga menjalani Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) berlangsung selama 3 hari mulai tanggal 22 hingga 24 April 2019.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadispendik) Kabupaten Jember, Edy Budi Susilo melakukan pantauan langsung pelaksanaan ujian nasional di beberapa sekolah di antaranya SDN Slawu 3, SDN Jember Lor 3, SMPN 2 Jember dan SMPN 7 Jember, Senin (22/4/2019) pagi.

Dia menyatakan bahwa persiapan Dinas Pendidikan Kabupaten Jember dalam pelaksanaan ujian nasional ini sudah sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP), bahkan dirinya menjamin kesiapan ujian kali ini telah mencapai 100 persen, mengingat berbagai persiapan yang matang telah dilakukannya.

“Untuk sarana dan prasarana telah kita koordinasikan dengan baik, baik dengan PLN untuk jaringan kelistrikan juga dengan Telkom untuk jaringan internetnya,” terang Edy Budi Susilo.

Edy juga mengatakan bahwa setiap sekolah yang menjadi penyelenggara ujian telah dilengkapi dengan perangkat penyimpan daya listrik cadangan atau Uninterruptible Power Supply (UPS) yang diklaim mampu bertahan selama 15 menit jika terjadi pemadaman listrik. Selain UPS, Edy juga mengatakan bahwa setiap sekolah juga telah dilengkapi dengan jenset yang dapat menyalurkan kembali daya listrik dalam kurun 2 menit.

“Misalnya hari ini, di SMPN 7 Jember kita persiapkan jenset berkapasitas 50.000 watt, oleh karena itu kalau terjadi pemadaman listrik, dalam 2 menit itu sudah langsung konek untuk bisa dihidupkan kembali,” tambahnya.

Pada ujian nasional di Kabupaten Jember kali ini terdapat 560 lembaga penyelengga UNBK, dengan rincian SMP baik negeri maupun swasta sejumlah 335 lembaga dan MTs baik negeri maupun swasta sejumlah 225 lembaga.

UNBK di Kabupaten Jember diikuti oleh 24.361 siswa SMP negeri maupun swasta dan siswa MTs negeri maupun swasta sejumlah 11.793 siswa sehingga total diikuti oleh 35.154 siswa.

Sementara USBN di Kabupaten Jember terdapat total 1.429 lembaga penyelenggara, rinciannya SD negeri 910 lembaga, SD swasta 113 lembaga MI 406 lembaga.

Peserta USBN diikuti oleh total 38.677 siswa, rinciannya SD Negeri sebanyak 27.691 siswa, SD swasta sebanyak 2.772 siswa, dan MI sebanyak 8.214 siswa.

Reporter : Guntur Rahmatullah
Editor : Agira
Publisher : Imam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *