Freddy: Pembuatan Sub Terminal Perlu Pengkajian

oleh -183 views
Sekretaris Organda Kota Bogor Freddy Djuhardi (kiri) didampingi Ketua Organda Kota Bogor Muchammad Isack (kanan).

KOTA BOGOR, Selasa (03/11/2020) suaraindonesia-news.com – Keberadaan sub Terminal yang berlokasi di perumahan Vila Indah Bogor, nampaknya mulai dipertanyakan, menyusul keberadaan Sub Terminal itu, seakan terbengkalai dan tidak difungsikan.

Menurut Sekretaris Organisasi Angkutan Darat (Organda) Kota Bogor, Freddy menyampaikan, seharusnya sebelum program pengadaan Sub Terminal itu dilaksanaka, Dinas Perhubungan menganalisa terlebih dahulu manfaat keberadaannya bagi masyarakat setempat. Bahkan bila perlu diuji public dengan menghadirkan para pakar transportasi.

“Pembangunan Sub Terminal itu tujuannya untuk apa. Apakah untuk memberikan pembinaan bagi para pengusaha angkutan atau bahkan justeru akan membinasakan. Disanakan kawasan perumahan elit, jarang masyarakat yang mau mengunakan jasa angkutan umum, tetapi karena rencananya tidak di analisa dahulu, ya seperti sekarang inilah keberadaan Sub Terminal jadi terbengkalai,” ungkap Freddy Djuhardi yang didampingi Ketua Organda Kota Bogor Muchammad Isack.

Freddy menambahkan, seharusnya Dinas Perhubungan mengajak pengurus organda untuk duduk bersama membahas dan mengkaji rencana pembangunan sub terminal tersebut.

“Inikan tidak ada kajian, dibangun saja dan sekarang akhirnya tidak berfungsi. Kalau sudah begini yang disalahkan siapa, ya sopir angkutan juga kan,” tegasnya.

Idealnya kata Freddy, dalam kawasan Sub Terminal itu, ada beberapa pusat kegiatan perekonomian, misalnya ada pasar, ada pusat pusat keramaian, sehingga akan timbul, timbal balik kebutuhan masyarakat akan jasa transportasi.

“Jika aktivitas itu tidak ada, ya buat apa ada jalur transportasi jika masyarakatnya tidak membutuhkan angkutan,” tuturnya.

Freddy berharap, Kepala Dinas Perhubungan yang baru, Eko Prabowo, dapat bersama sama untuk mengkaji kembali Sub Termina untuk keberadaan pangkalan Sub Terminal angkutan umum dengan Organda, agar keberadaannya benar benar bisa bermanfaat bagi masyarakat.

“Mari kita duduk bersama, membahas program transportasi Kota Bogor kedepan, sehingga Pemerintah tidak sia sia mengalokasikan anggaran untuk pembangunan Sub Terminal, sehingga para sopir angkutan juga bisa menikmati keberadaan jalur itu,” pungkas Freddy.

Reporter : Iran G Hasibuan
Editor : Amin
Publisher : Ela

Tinggalkan Balasan