Disdukcapil Sumenep Tekankan Penggunaan Identitas Kependudukan Digital untuk Tingkatkan Efisiensi Layanan Publik

oleh -13 views
Foto: Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan dan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Sumenep, Wahasah.

SUMENEP, Sabtu (22/06) suaraindonesia-news.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan Identitas Kependudukan Digital (IKD) sebagai langkah untuk meningkatkan efisiensi layanan publik dan kemudahan akses terhadap berbagai fasilitas pemerintah.

IKD diperkenalkan sebagai bagian dari inisiatif modernisasi pelayanan publik yang menawarkan beragam manfaat. Dengan IKD, penduduk Sumenep dapat mengakses layanan administrasi seperti pembuatan KTP, akta kelahiran, dan perizinan usaha secara online melalui platform yang telah disediakan.

Baca Juga: RSUD dr H Moh Anwar Sumenep Hadirkan Layanan Poliklinik Kandungan dengan Dokter Spesialis Terlengkap

Kepala Bidang Pelayanan dan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Sumenep, Wahasah, menegaskan bahwa penggunaan IKD sangat bermanfaat.

“Aksesnya lebih mudah dan lebih efektif. Sekarang, HP seolah-olah menjadi kebutuhan wajib yang tidak bisa ditinggalkan,” ujarnya saat ditemui di ruang kantornya, Jumat (21/06/2024).

Wahasah menambahkan, karena HP jarang tertinggal dan sudah dianggap sebagai kebutuhan penting, masyarakat akan lebih mudah mengakses layanan kependudukan melalui IKD.

Baca Juga: Pemeliharaan Lampu PJU dan Hias di Sumenep, Disperkimhub Anggarkan Rp 200 Juta

“Kadang-kadang orang lebih bingung ketinggalan HP-nya dibanding ketinggalan barang lain,” tambahnya sambil tersenyum.

Menurut Wahasah, hadirnya IKD tidak hanya efektif tetapi juga efisien.

“Kami perlu tegaskan bahwa IKD ini sangat efisien dalam penggunaannya,” tutupnya.

Dengan langkah ini, Disdukcapil Sumenep berharap dapat memberikan layanan yang lebih baik kepada masyarakat dan mempermudah proses administrasi kependudukan, mendukung tujuan modernisasi pelayanan publik yang lebih cepat dan akurat.

Reporter: Ari
Editor: Amin
Publisher: Eka Putri

Tinggalkan Balasan