Dihari Jadi Sumenep ke 751, Bupati Sumenep Kenang Perjuangan Arya Wiraraja

oleh -21 views
Bupati Sumenep A. Busyro Karim saat mengisi upacara hari jadi sumenep ke 751.

SUMENEP, Sabtu (31/10/2020) suaraindonesia-news.com — Dihari Jadi Kabupaten Sumenep ke-751, Bupati KH A. Busyro Karim mengupas jasa perjuangan Arya Wiraraja dalam melahirkan Kabupaten Sumenep.

Menurutnya, Arya Wiraraja adalah pejuang berdirinya Kabupaten Sumenep tidak bisa dilepaskan dari momentum pengangkatan Arya Wiraraja sebagai Adipati pertama di Kota Keris ini pada tanggal 31 Oktober 1269 silam.

Momentum tersebut yang ditetapkan oleh Pemerintah sebagai Hari Jadi Kabupaten Sumenep yang kini berusia 751 tahun.

“Kita sebagai masyarakat Sumenep patut berbangga bahwa lahirnya Sumenep ini merupakan andil besar Arya Wiraraja, konseptor sekaligus inisiator Kerajaan Majapahit,” ungkap Bupati Sumenep dalam pidatonya, Sabtu 31 Oktober 2020.

Dengan Perjuangan Arya Wiraraja, Sumenep telah menjelma menjadi kabupaten yang berkarakter dan melahirkan budaya khas.

“Berkat perjuangan Arya Wiraraja, Sumenep banyak melahirkan budaya khas, seperti Kraton, Masjid Jamik dan masih banyak yang lagi yang lainnya,” jelasnya.

Saat itu, lanjut Bupati Busyro, Arya Wiraraja tidak hanya memberikan bantuan dengan kekuatan tentaranya. Tetapi juga sentuhan konsep strategi dan pemikiran, sehingga lahirlah Kerajaan Majapahit.

“Sejarah tersebut memberikan kita pelajaran bahwa membangun bangsa yang besar, membangun daerah yang maju, butuh sentuhan pemikiran dan strategi yang mapan sesuai kondisi masyarakatnya,” tegas Bupati dua periode tersebut.

Reporter : Halis
Editor : Amin
Publisher : Ela

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *