Bupati Sumenep Terbitkan Surat Edaran Idul Adha 2024 Tanpa Sampah Plastik

oleh -5 views
Foto: Bupati Sumenep, H. Achmad Fauzi Wongsojudo.

SUMENEP, Rabu (11/6) suaraindonesia-news.com – Dalam upaya mengurangi dan menangani sampah selama Hari Raya Idul Adha 1445 H/2024, Bupati Sumenep, Achmad Fauzi Wongsojudo menerbitkan Surat Edaran Nomor 9 Tahun 2024.

Surat edaran ini mengajak seluruh masyarakat dan panitia pembagian daging qurban untuk tidak menggunakan kantong plastik.

Kebijakan ini merupakan implementasi dari Peraturan Bupati Sumenep Nomor 83 Tahun 2018 tentang pengelolaan sampah rumah tangga.

Baca Juga: Melalui Strategi Ini, Jumlah Nasabah Tabungan Kurban BPRS Bhakti Sumekar Trus Meningkat

Beberapa langkah aksi yang diusulkan dalam surat edaran ini meliputi:

1. Penggunaan Wadah Ramah Lingkungan

Panitia pembagian daging qurban dihimbau untuk tidak menggunakan kantong plastik. Sebaliknya, masyarakat diajak membawa wadah sendiri yang dapat digunakan kembali untuk mengemas daging qurban.

Alternatif lainnya adalah menggunakan bahan alami seperti daun pisang atau daun jati, serta wadah anyaman bambu (besek) yang dapat dikomposkan dan tidak menghasilkan sampah plastik.

2. Penyediaan Sarana Pengelolaan Sampah

Di lokasi pelaksanaan Sholat Idul Adha dan pembagian daging qurban, disediakan tempat sampah terpilah dan alat pengumpul sampah. Ini untuk memastikan bahwa sampah yang dihasilkan dapat dikelola dengan baik.

Baca Juga: Razia Tempat Hiburan Malam, Polres Sumenep Amankan 34 Pengunjung dan Puluhan Dos Berisi Miras

3. Pengumpulan dan Pengangkutan Sampah

Tugas pengumpulan dan pengangkutan sampah di lokasi sholat dan pembagian daging qurban akan dioptimalkan.

4. Edukasi Publik

Tenaga lapangan yang menangani sampah juga berperan sebagai kampanye dan edukasi publik dalam pengurangan sampah plastik.

Surat Edaran ini dikeluarkan pada tanggal 10 Juni 2024 dan ditandatangani oleh Bupati Sumenep, H. Achmad Fauzi Wongsojudo.

“Pemerintah Kabupaten Sumenep berharap kebijakan ini dapat dilaksanakan dengan baik demi menjaga kebersihan lingkungan selama perayaan Idul Adha,” tulis Bupati Fauzi dalam SE tersebut.

Berikut Lampiran Surat Edaran Bupati: Klik Disini 

Reporter: Ari
Editor: Amin
Publisher: Eka Putri

Tinggalkan Balasan