Juni ini, Pemkab Sumenep Luncurkan Belasan Even

oleh -5 views
Foto: Kalender Event Bulan Juni 2024.

SUMENEP, Rabu (11/6) suaraindonesia-news.com – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur kembali meluncurkan belasan event di awal bulan Juni 2024. Sedikitnya, ada 14 event yang dikemas dengan tema Bulan Bung Karno pada bulan Juni ini.

Dasar dari kegiatan ini yakni Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 Tentang Pemerintahan Daerah, Perbup Nomor 33 Tahun 2022 Tentang Kedudukan Susunan Organisasi, dan Keputusan Bupati Sumenep Nomor 188 Tentang Tim Persiapan dan Pelaksanaan Kegiatan Kalender Event 2024.

“Bulan Juni merupakan momen penting yang melibatkan sang proklamator,” ucap Kedisbudporapar Kabupaten Sumenep, Moh Iksan.

Di antaranya, kata Moh Iksan, Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni, Hari Lahir Bung Karno pada 6 Juni dan Hari Wafat Bung Karno pada 21 Juni.

Selain itu, kata Moh. Iksan, tujuan dari kegiatan tersebut juga untuk mendo’akan dan mengenang perjuangan sang proklamator.

Baca Juga: Bupati Sumenep Terbitkan Surat Edaran Idul Adha 2024 Tanpa Sampah Plastik

“Juga kita sebagai generasi bangsa agar mampu meneladani dan meneruskan perjuangan sang proklamator,” terang mantan Kadinsos Sumenep ini.

Sebelumnya, Pemkab Sumenep pada tanggal 01 Juni 2024 menggelar Do’a untuk Sang Proklamator di depan Labeng Mesem, Pendopo Agung Keraton. Kegiatan tersebut mengawali agenda kelender of Event Pemkab Sumenep di Juni ini.

Sementata, Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo menuturkan bahwa kegiatan ini sebagai upaya meneladani perjuangan sang proklamator.

“Dimana saat ini kita bisa duduk bersama dalam situasi yang nyaman dan kondusif, tidak seperti pada jaman penjajah,” tegasnya.

Selain untuk meneladani dan mengenang perjuangan sang proklamator, lanjut Fauzi, yang tak kalah penting dari Bung Karno adalah gagasan pemikirannya.

Salah satunya gagasan tri sakti Bung Karno, diantaranya berdaulat secara politik. Sehingga dengan diplomasinya mampu membuat negara lain mengakui kedaulatan Indonesia sehingga bisa merdeka.

Baca Juga: Melalui Strategi Ini, Jumlah Nasabah Tabungan Kurban BPRS Bhakti Sumekar Trus Meningkat

“Gagasan Trisakti ini ada tiga, pertama berdaulat di bidang politik, kedua berdikari di bidang ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan,” ucap Bupati.

Menurutnya, berbicara terkait politik bukan hanya sekala kecil melainkan sampai sekala tingkat Internasional.

Fauzi menjelaskan bahwa Trisakti yang diajarkan Bung Karno menunjukkan kepada dunia bahwa peranan politik atas kemerdekaan Indonesia turut hadir, dengan demikian ketika ada kontes tasi politik harus turut ikut serta bukan anti Pati.

“Sebagai generasi penerus dituntut untuk dapat mewarisi keteladanan Bung Karno yang telah berjuang memperjuangan Kemerdekaan republik Indonesia,” katanya.

Bupati Fauzi menilai, kalender event Sumenep merupakan salah satu rentetan kegiatan guna merawat kebudayaan.

“Selain untuk mempromosikan wisata, juga untuk merawat kebudayaan serta memajukan UMKM yang ada,” ucapnya.

Reporter: Ari
Editor: Amin
Publisher: Eka Putri

Tinggalkan Balasan