Bupati Jember Resmikan Kampung Ikan Gurame di Desa Tegalwangi

oleh -278 views
Bupati Jember Hendy SIswanto bersama warga yang sedang membakar ikan di sepanjang jalan desa. (Foto: Dok. Pemkab Jember)

JEMBER, Sabtu (18/09/2021) suaraindonesia-news.com – Budidaya ikan satu dari ikhtiar menghidupkan perekonomian masyarakat, menghadirkan peluang usaha baru di bidang wisata kuliner, membudayakan masyarakat gemar memakan ikan sekaligus meningkatkan gizi untuk mencegah stunting.

Banyak lagi manfaat dari budidaya ikan yang digalakkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember. Salah satunya yang tercermin dari kegiatan pengukuhan Kampung Gurami di Dusun Jatisongo, Desa Tegalwangi, Kecamatan Umbulsari oleh Bupati Jember Hendy Siswanto, disertai anggota Dewan dan Muspika setempat pada Sabtu (18/09/2021).

Kampung Gurami ini merupakan sentra pembudidaya gurami terbesar di Jember. Sementara itu di sepanjang jalan menjadi tempat masyarakat menggelar bakar ikan gurame pada acara tersebut.

“Memang niat kami, salah satunya menjadikan Jember sebagai sentra penghasil ikan, ikan sebagai sumber protein baik, dengan masyarakat Jember gemar makan ikan maka tidak ada lagi kekurangan gizi, stunting tidak ada lagi,” ungkap Bupati Hendy.

Pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1, mereka melayani pembeli. Tentu saja, dengan penjagaan protokol kesehatan yang ketat.

Bupati Hendy berpesan, sentra ikan gurami di bawah kawalan Mina Tegal Jaya Makmur ini membawa efek getok tular, menular ke desa-desa lain. Dengan demikian, perekonomian antardesa pun mendapat titik cerah.

Selain itu dia juga menginginkan jajaran Pemerintah Desa Tegalwangi untuk menggarap wisata di desanya.

“Bisa dengan wisata edukasi budidaya ikan gurame, keren itu, yang ngajarin siapa? Ya warga Desa Tegalwangi, yang sudah terampil dalam budidaya ikan gurame, ” pesannya.

Reporter : Guntur Rahmatullah
Editor : Moh Hasanuddin
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *