Berikan Edukasi, Kelurahan Paku Gelar Pelatihan

Suasana Pelatihan PHBS di Kelurahan Paku.

OGAN KOMERING ILIR, Jumat (2/8/2019) suaraindonesia-news.com – Sebagai wujud dalam upaya pemberdayaan masyarakat, Kelurahan Paku Kecamatan kota Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir(OKI) Provinsi Sumatera selatan(Sumsel) gelar pelatihan.

Abu Naim Lurah Paku mengatakan, untuk pelaksanaan program dana kelurahan tahun 2019, Kelurahan Paku baru mengelar program pemberdayaan ( Non Fisik ) yakni pelatihan kader PHBS ( Perilaku Hidup Bersih dan Sehat ) dan Pelatihan tanaman hidroponik.

Dia menjelaskan, kegiatan tersebut telah dilaksanakan pada hari Rabu dan kamis kemarin. Pelatihan kader phbs bertempat di sd negeri 5 Kayuagung diikuti 60 peserta dan pelatihan hidroponik diselenggarakan dikantor lurah diikuti 45 peserta.

“Yang jelas kita ingin mengubah manset atau pola pikir masyarakat agar menjaga kebersihan lingkungan, jangan membuang sampah sembarangan,” ungkap Abu Naim, Jumat(2/8).

Lanjutnya, pemerintah pusat telah membantu pembuatan siring melalui kotaku.

“Siring itulah harus kita jaga jangan sampai banyak sampah dibuang kesiring, Karna ada yang laporan masyarakat buang sampah ke siring atau got,” tegasnya.

Dengan adanya pelatihan tanaman hidroponik, Lurah Paku berharap agar masyarakat tau bahwa bercocok tanam itu bukan hanya lewat media tanah, tapi lewat media air.

“Dengan alat-alat yang simple, alat-alat bekas seperti pipa, aqua bisa dibuat untuk tanaman hidroponik. Tujuan yang lain, supaya masyarakat melakukan penghijauan dirumahnya masing-masing dengan tanaman yang bermanfaat,” pungkasnya.

Reporter : Firman
Editot : Amin
Publish : Mariska

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here