Kewalahan Padamkan Api, Akhirnya Pemadaman Kebakaran Gunung Arjuna Gunakan Operasi Udara

Pesawat BNPB yang digunakan untuk padamkan api Gunung Arjuna.

KOTA BATU, Jumat (2/7/2019) suaraindoneia-news.com – Kebakaran hutan Gunung Arjuna yang terus meluas, hingga memasuki hari ke empat atau hingga Jumat (2/7/2019) siang sudah 300 hektar lebih hutan yang terbakar, sementara jumlah personil yang memadamkan api Gunung Arjuna jumlahnya sangat terbatas dan medan yang curam menjadi kendala dalam pemadaman.

Kasi kedaruratan dan Logistik Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) kota Batu Achmad Choirur Rochim mengatakan agar kebakaran tidak meluas, maka akhirnya Tim Gabungan pemadaman kebakaran hutan Arjuna menggunakan Water Boombing (Penyiraman melalui udara).

“Penyiramanmelalui udara dilakukan Hari sabtu tanggal 3 agustus 2019 pukul 08.00 WIB. Pesawat take off dari bandara Abdul Rahman Saleh menuju titik api dan titik pengambilan air untuk melaksanakan observasi/kaji cepat dari udara,” Kata Achmad Choirur Rochim, kepada suaraindoneia-news.com. Jumat (2/7).

Menurutnya, hasil koordinasi terkait penanganan kebakaran, jika hasil observasi dan kaji cepat memungkinkan untuk water boombing maka operasi water boombing akan langsung dilaksanakan, sedang seluruh personil yang melakukan pemadaman secara manual melalui darat seluruhnya ditarik. Hal ini demi keamanan.

“Dalam rangka pengamanan pelaksanaan operasi pemadaman udara, pelaksanaan operasi pemadaman darat dihentikan dan seluruh personil yang masih melaksanakan aktivitas pemantauan, pemadaman ditarik kembali ke posko terhitung Hari Jumat tanggal 2 Agustus 2019 pukul 16.00 WIB,” kata dia.

Lanjutnya, Area lokasi yang menjadi target operasi pemadaman udara harus steril dari petugas pemadaman darat, pendaki, dan masyarakat. Seluruhnya dilarang mendekat saat dilakukan operasi udara.

Sedang Pihak yang terlibat dalam koordinasi pemadaman kebakarang gunung Arjuna adalah BPBD Prov Jatim, BPBD Kota Batu, BPBD Kab. Malang, Tahura R. Soerjo, Pangkalan TNI AU Abd Rahman Saleh dan Kru Pesawat.

Reporter : Adi Wiyono
Editor : Amin
Publisher : Mariska


Warning: A non-numeric value encountered in /home/suaraindonesia/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here