Beri Penyuluhan Hukum di Sukolilo, Kapolda Jateng : Jangan Distigma Negatif – Masih Banyak yang Sadar Hukum

oleh -21 views
Foto: Kapolda Jateng, Irjen Ahmad Luthfi menyapa warga Sukolilo dalam rangka memberi penyuluhan hukum kepada masyarakat setempat.

PATI, Kamis (20/06) suaraindonesia-news.com – Kapolda Jateng, Irjen Ahmad Luthfi meminta masyarakat tidak lagi memberi stigma negatif terhadap Sukolilo, salah satu kecamatan di Kabupaten Pati, imbas dari peristiwa tewasnya pemilik rental asal Jakarta, BH, sebagai akibat aksi main hakim sendiri oleh warga. Peristiwa itu pun viral di jagad maya dan mendapat sentimen negatif dari sebagian besar netizen.

“Jangan lagi Sukolilo diberi trade merk negatif. Jangan digeneralisasi, karena masih banyak masyarakatnya yang baik, sadar dan taat hukum”, kata Irjen Ahmad Luthfi, dalam kunjungannya ke Pati untuk memberi penyuluhan hukum kepada masyarakat, di Gedung PGRI Sukolilo, Kamis (20/06/24).

Menurut Kapolda, negara kita adalah negara hukum. Sehingga masyarakat tidak dibolehkan bertindak main hakum sendiri, karena ada proses peradilan yang harus dijalankan dalam menangani suatu perkara.

“Masyarakat harus bisa mengendalikan diri, serta tidak terpancing emosi yang berujung pada tindakan yang berakibat fatal dan menimbulkan implikasi hukum”, tambahnya.

Namun demikian, terhadap oknum masyarakat yang melanggar hukum, tegas Kapolda, tetap dilakukan penegakan proses hukum.

Baca Juga: Keluhkan Harga Ikan, Nelayan Pati Gelar Forum Diskusi dengan KKP

Oleh karena itu, Kapolda menghimbau, agar masyarakat menyerahkan proses hukum kepada Polri untuk menyelesaikan masalah apapun.

“Salah satu penegak hukum adalah Polisi. Polri merupakan representasi kehadiran negara di tengah masyarakat. Maka kita tidak boleh main hakim sendiri dan bertindak seperti Polisi”, tutur Kapolda.

Selain memberi penyuluhan hukum, Ahmad Luthfi dalam kesempatan itu juga menyapa warga Sukolilo dan memberikan sejumlah bantuan sembako, serta mengecek pelayanan kesehatan yang diselenggarakan Dokkes Polresta Pati.

Kunjungan Kapolda Jateng kali ini mendapat sambutan positif masyarakat. Turut mendampingi, Waka Polda Brigjen Pol Agus Suryonugroho dan pejabat utama, serta Pj Bupati Pati bersama Forkopimcam Sukolilo.

Reporter : Usman
Editor : Amin
Publisher : Eka Putri

Tinggalkan Balasan