Bayu Sumantri Agung Desak Pemkab Deli Serdang Segera Tutup Gedung Sarang Walet Tak Berizin

oleh -186 views
Bayu Sumantri Agung ketika memberikan tanggapannya di ruang Komisi III gedung DPRD Deli Serdang, terkait maraknya gedung-gedung sarang burung Walet yang meresahkan warga, Rabu (01/07/2020).(FPoto: M. Habil Syah/SI)

DELI SERDANG, Rabu (01/07/2020) suaraindonesia-news.com – Maraknya sarang walet di gedung gedung bertingkat di Kecamatan Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang membuat resah warga yang berada disekitar karena bisingnya suara Tape (vcd) yang menyerupai suara burung walet dengan pengeras suara yang sangat keras.

Salah satunya adalah anggota DPRD Deli Serdang, Bayu Sumantri Agung, ia mengatakan suara burung walet yang dari pengeras suara itu sangat menggangu dirinya dan keluarga hingga untuk istrahat malam tidak bisa tidur karena sampai pagi dan malam 24 jam non stop sangat bising.

“Sudah banyak warga yang melapor kepada saya terkait keberadaan Gedung-gedung Sarang Walet yang meresahkan warga, dan kebetulanpun rumah saya di BTN Bakaran Batu, gedung-gedung walet ini jaraknya dekat dengan perumahan BTN tempat saya tinggal, jam 2 pagi masih bising aja suara walet ini saya sangat terganggu,” keluh Bayu Sumantri Agung. Rabu (1/7) saat ditemui di gedung DPRD Deli Serdang.

Ketua Fraksi PAN DPRD Deli Serdang ini juga menyebutkan gedung-gedung sarang burung walet ini banyak terletak di gang Surya Desa Bakaran Batu Kecamatan Lubuk Pakam Kabupaten Deli Serdang.

“Gang Surya ini jaraknya dekat dengan rumah saya, sangat menggang. Saya meminta pihak Pemkab Deli Serdang baik satpol PP maupun di Kecamatan untuk segera menertibkan gedung gedung walet dan kalau bisapun ditutup karena saya menduga gedung-gedung sarang walet itu tidak ada izinnya,” tegas Bayu Sumantri Agung.

Ia juga mengatakan, selain bikin resah atas suara bising burung walet tersebut, gedung-gedung sarang burung walet ini bisa menyebabkan penyebaran nyamuk yang bisa efeknya menimbulkan DBD (Demam Berdarah Dengue).

“Ya kan didalam gedung-gedung itu ada kolam yang berisikan air, ini kan bisa membuat maraknya DBD dan bisa membuat warga semakin resah, sekali lagi satpol PP Deli Serdang maupun Trantib (Ketentraman dan Ketertiban) di Kecamatan bisa menutup segera gedung-gedung walet ini,” tambahnya.

Ia mengatakan bahwa Kecamatan Lubuk Pakam adalah ibu kota Kabupaten Deli Serdang yang notabenya kota Lubukpakam harus menjadi contoh kota yang bersih dan kota Adipura.

“Ini banyak kali gedung-gedung walet, yang bisa membuat jelek ibu kota Kabupaten Deli Serdang,” lanjut Bayu Sumantri Agung.

Ia mengatakan bila Pemkab Deli Serdang tidak mampu menutup gedung-gedung walet ini, pihaknya akan segera memanggil para pengusaha sarang burung walet ini dan akan dilakukan RDP (Rapat Dengar Pendapat).

“Kalau Pemkab Deli Serdang gak mampu menutup, saya barsama anggota komisi III lainnya akan segera memanggil secara resmi pemilik gedung walet dan akan segera dilakukan RDP,” tutup Bayu Sumantri Agung.

Reporter : M. Habil Syah
Editor : Amin
Publisher : Ela

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *