Bakesbangpol Sumenep Ajak Masyarakat Pastikan Terdata Sebagai Pemilih Menjelang Pilkada 2024

oleh -5 views
Foto: Kantor Bakesbangpol Sumenep, Madura, Jawa Timur.

SUMENEP, Selasa (03/06) suaraindonesia-news.com – Menjelang Pilkada 2024, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Sumenep mengajak seluruh masyarakat untuk memastikan bahwa mereka terdata sebagai pemilih. Kepala Bakesbangpol Sumenep, Achmad Dzulkarnain, menegaskan pentingnya partisipasi aktif warga negara dalam proses demokrasi ini.

“Sebagai warga negara yang baik, kami berharap masyarakat Sumenep memastikan diri mereka terdata sebagai pemilih mulai saat ini,” ujar Dzulkarnain pada Selasa (03/06/2024).

Saat ini, proses pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih sedang berlangsung untuk memastikan validitas data pemilih dalam Pilkada 2024. Pelaksanaan coklit dimulai sejak Senin (24/06/2024) dan akan berlanjut hingga target selesai.

Dzulkarnain juga menyebutkan bahwa situasi masyarakat selama proses tahapan ini masih dalam kondisi aman.

Baca Juga: Kunjungi Pulau Gili Iyang, Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono Serap Aspirasi Nelayan

“Mudah-mudahan kondisi nanti aman seperti saat ini karena Pilkada masih tinggal empat bulan lagi,” harapnya.

Untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi politik, Bakesbangpol Sumenep merencanakan berbagai kegiatan strategis, termasuk sosialisasi Pilkada 2024 dan pemahaman tentang pentingnya menggunakan hak pilih. Salah satu inisiatifnya adalah mengadakan pertemuan dengan pemilih pemula, khususnya siswa SMA, untuk menanamkan kesadaran politik sejak dini.

Baca Juga: Menjelang Pilkada, Bakesbangpol Sumenep Siapkan Agenda Strategis untuk Jaga Ketertiban dan Integrasi Masyarakat

“Kami telah merencanakan mengadakan pertemuan seperti pemilih pemula cerdas yang nantinya melibatkan anak SMA,” ungkap Dzulkarnain.

Selain itu, upaya sosialisasi juga akan mencakup wilayah kepulauan. Bakesbangpol Sumenep akan bekerja sama dengan pihak kecamatan untuk menyampaikan kegiatan ini kepada pemilih pemula di kepulauan, memberikan bimbingan agar mereka siap berpartisipasi dalam Pilkada.

“Untuk akses ke wilayah kepulauan, kami akan bekerja sama dengan pihak kecamatan guna memberikan bimbingan kepada adik-adik kita yang menjadi pemilih pemula,” pungkas Dzulkarnain.

Dengan langkah-langkah ini, diharapkan seluruh masyarakat Sumenep dapat berpartisipasi aktif dan memastikan hak pilih mereka terjaga, sehingga Pilkada 2024 dapat berjalan dengan sukses dan demokratis.

Reporter: Ari
Editor: Amin
Publisher: Eka Putri

Tinggalkan Balasan