Atasi Kekeringan di Beberapa Wilayah, Bupati Baddrut Tamam Distribusikan Air Bersih

oleh -45 views
Foto: Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam, saat menyalurkan air bersih kepada masyarakat.

PAMEKASAN, Senin (26/09/2022) suaraindonesia-news.com – Bupati Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Baddrut Tamam mendistribusikan air bersih kepada masyarakat terdampak kekeringan di wilayah Pamekasan dan sekitarnya.

Kali ini Bupati Baddrut Tamam didampingi Kapolres, Kodim 0826 Pamekasan menyalurkan air bersih di Desa Jarin, Kecamatan Pademawu, Sabtu (24/09/2022) kemarin.

Bupati yang akrab disapa Mas Tamam itu disambut haru saat membagikan air langsung kepada masyarakat. Saat itu, Bupati Baddrut datang ke lokasi bersama Kapolres Pamekasan, AKBP Rogib Triyanto, dan Dandim 0826 Pamekasan, Letkol Inf. Ubaidillah dalam acara launching Besti Berdering (Bersama Bupati Bereskan Desa Kering).

Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam menyampaikan, acara launching Besti Berdering (Bersama Bupati Bereskan Desa Kering).

“Di desa ini memang tidak mudah, sama juga dengan Larangan Tokol desa saya, meskipun telah ada bor air tetapi tidak bisa dikonsumsi. Apalagi, Desa Jarin ini masuk cekungan. Selain kering sering terjadi angin besar,” kata Bupati Pamekasan, Senin (26/09).

Pihaknya dalam menuntaskan desa kerisis air bersih di Desa Jarin dan sekitarnya, memerlukan solusi dengan membangun tandon air di setiap dusun yang nantinya akan dialirkan rumah-rumah warga.

“Tandon air itu nantinya jangan bangun di halaman rumahnya, kalau dibangun di halaman rumahnya nanti jadi hak milik. Kita akan hitung dulu anggaranya,” paparnya.

Selama ini ada sembilan desa yang bebas dari kekeringan dari 81 desa, namun tahun 2022 tersisa 72 desa kering. Keberhasilan menekan jumlah desa terdampak kekeringan itu salah satunya dengan membangun sumber air.

“Nanti kalau di desa ini ada tandon air per dusun, berarti PDAM juga harus masuk, nanti dikelola oleh desa untuk disalurkan ke rumah-rumah,” pungkasnya.

Reporter : May
Editor : M Hendra E
Publisher : Nurul Anam

Tinggalkan Balasan