Antisipasi Penyebaran Covid 19, Walikota Batu Tutup Tempat Wisata Dan Hiburan

oleh -207 views
Wakil Walikota Batu, Punjul Santoso saat menjelaskan kepada masyrakat terkait upaya Pemkot Batu dalam mencegah terhadap penyebaran virus corona.

KOTA BATU, Senin (16/3/2020) suaraindonesia-news.com – Antisipasi terhadap penyebaran virus corona (covid-19). Senin (16/3/2020) sore, Walikota Batu Dewanti Rumpoko, mengambil langkah dengan menghentikan sementara seluruh aktivitas tempat hiburan dan tempat wisata lainnya di kota Batu, Jawa Timur terhitung mulai Senin, 16 Maret 2020 hingga Minggu 29 Maret 2020 atau dua pekan ke depan.

“Penghentian sementara tempat wisata dan hiburan itu menyusul adanya Surat Walikota Batu Dewanti Rumpoko tanggal 16 Maret 2020 terkait tentang peningkatan kewaspadaan dini, kesiap-siagaan serta tindakan antisipasi pencegahan Corona Virus Disease (Covid-19),” Kata Wakil Walikota Batu Punjul Santoso, saat memimpin rapat koordinasi dengan pihak-pihak terkait terhadap upaya pencegahan terhadap penyebaran virus Corona.

Surat tersebut selain ditujukan kepada pengusaha pariwisata dan hiburan, kata Punjul juga ditujukan kepada Pengurus Hotel Dan Restoran Indonesia (PHRI) dan Kepolisian, Organisasi perangkat Daerah dilingkungan Pemkot Batu serta tokoh agama dan Masyarakat kota Batu.

“Dalam Isi surat tersebut, dipoin tujuh, Pemerintah Kota Batu menghentikan sementara aktivitas tempat hiburan dan tempat wisata lainnya untuk mencegah munculnya Covid-19,” kata Punjul Santoso. Senin (16/3/2020).

Yang dijadikan dasar untuk melakukan penghentian sementara aktivitas tempat Pariwisata dan hiburan, kata punjul adalah adanya surat Pernyataan Presiden RI tanggal 15 Maret 2020 di Istana Bogor terkait langkahlangkah penanganan pandemic global Covid-19.

Selain itu juga adanya Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2020 tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Dan juga adanya Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2020 tanggal 9 Maret 2020 perihal pencegahan dan penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

“Isi Surat tersebut, Walikota Batu juga meminta kepada masyarakat untuk menunda dan/atau membatasi kegiatan yang menghadirkan banyak orang padatempat-tempat umum car free day, rapat-rapat, study tour, kegiatan keagamaan,dan lain-lain sampai dengan batasan waktu yang akan ditentukan,” jelas Punjul.

Lanjutnya, Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di Kota Batu dilakukan di rumah peserta didik masing-masing, terhitung mulai tanggal 16 Maret 2020 sampai dengan 29 Maret 2020, secara teknis akan ditindaklanjuti oleh Dinas Pendidikan.

Lanjutnya, Menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh dengan cara makan makanan bergizi, istirahat yang cukup dan mencuci tangan setelah beraktifitas di luar ruangan serta sebelum dan sesudah makan, yang secara teknis akan diatur oleh Dinas Kesehatan.

“Masyarakat Kota Batu diminta tidak panik karena covid 19 dan tetap melaksanakan aktivitas sebagaimana biasa dengan tetap memperhatikan Protokol di masing-masing area secara ketat,” ungkanya.

Reporter : Adi Wiyono
Editor : Amin
Publisher : Ela

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *