AHY : Pasar Santri Ramadan Jember Pembangkit Ekonomi Lokal

oleh -69 Dilihat
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Ketua DPD Demokrat Jawa Timur Emil Elestianto Dardak dan Bupati Jember Hendy Siswanto saat mengunjungi salah satu outlet peserta Pasar Ramadan. (Foto: Guntur Rahmatullah/SI)

JEMBER, Sabtu (23/04/2022) suaraindonesia-news.com – Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) melakukan kunjungan ke Kabupaten Jember. Ia didampingi Ketua DPD Demokrat Jawa Timur Emil Elestianto Dardak, Sabtu (23/4/2022) malam.

Kedatangan AHY dan rombongan disambut langsung Bupati Jember Hendy Siswanto, kemudian mereka melakukan pertemuan tertutup di pendapa Wahyawibawagraha.

Beberapa menit kemudian, Bupati Jember Hendy Siswanto membawa para rombongan ke Alun-alun Jember. Di sana berlangsung Pasar Santri Ramadan yang digelar kali pertama oleh Pemkab Jember.

AHY mengaku takjub dengan ide kreatif Pemkab Jember mengemas Pasar Santri yang menurutnya dapat menjadi pendongkrak ekonomi masyarakat lokal usai dihantam pandemi Covid-19 selama 2 tahun lalu.

“Tadi kami saksikan, bagaimana UMKM di kalangan santri dan pondok pesantren semakin hidup, dan menggeliat. Ini bisa menjadi awal kebangkitan ekonomi rakyat, ekonomi santri di Jember,” kata AHY.

Dia menambahkan, Jember memiliki potensi yang luar biasa yang tidak dimiliki daerah lainnya yaitu pondok pesantren di Jember cukup banyak.

“Pondok pesantrennya ada 600 lebih, kalau santrinya di rata-rata ada 300 orang santri aja tentu menjadi kekuatan tersendiri bagi kebangkitan perekonomian di Jember,” sambungnya.

Dia juga memberikan masukan kepada Bupati Hendy supaya menjalankan program Wakil Gubernur Jatim yaitu One Pesantren One Product sehingga geliat perekonomian akan terus hidup di Jember.

“Bayangkan jika satu pesantren memiliki satu usaha, dan pesantren itu mempekerjakan warga sekitar maka perekonomian akan terus berjalan,” tuturnya.

Pasar Santri Ramadan Berkah Pelaku UMKM

Pasar santri digelar Pemkab Jember untuk mendongkrak perekonomian lokal dengan menyediakan wadah untuk kemandirian pesantren melalui halal eco tourism.

Beberapa agenda kegiatannya seperti Pondok Pesantren exhibition, stakeholder booth, festival takjil, UMKM Kerajinan Moslem, Moslem Music Fest, Photospot dan Hangout Place.

Bupati Jember Ir. H. Hendy Siswanto, ST. IPU. mengatakan bahwa dia memang sedang menjalankan program santripreneur dalam mencetak santri yang berjiwa pengusaha.

“Pasar santri ini merpakan wadah bagi produk para santri ditampilkan ke publik dan saya bersyukur respon masyrakat luar biasa ramai,” ujar Bupati Hendy.

Dia mengaku sangat optimis santri dapat menjadi pelopor penggerak majunya perekonomian warga Jember.

“Dengan begitu kita harapkan santri menjadi penggerak ekonomi masyarakat, santri menjadi pengusaha dan memberdayakan warga di sekitarnya maka Jember akan makmur dan sejahtera,” harap Bupati Hendy.

 

Reporter : Guntur Rahmatullah
Editor : Redaksi
Publisher : Ipul

 

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.