Warga Pulau Mandangin Harapkan Bantuan Air Bersih

oleh -130 views
Foto : Pulau Mandangin yang berada di tengah laut selat Madura, dan masuk wilayah Kecamatan Sampang, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, saat ini warganya sangat membutuhkan bantuan air bersih dari Pemkab Sampang. (Foto: Istimewa).

SAMPANG, Selasa (1/6/2021) suaraindonesia-news.com – Pulau Mandangin yang terletak di tengah laut selat Madura dan masuk Kecamatan Sampang, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, sangat membutuhkan air bersih, untuk konsumsi air minum dan masak. Untuk itu, warga berharap ada bantuan penyaluran air bersih dari Pemkab Sampang.

Informasi yang diperoleh suaraindonesia-news.com, kebutuhan air bersih untuk konsumsi minum dan masak, sangat dibutuhkan warga Pulau Mandangin saat memasuki musim kemarau. Karena, selama ini untuk memenuhi kebutuhan air bersih, warga hanya mengandalkan curahan air hujan. Sedangkan untuk mandi, warga menggunakan sumur yang airnya terasa asin.

“Jumlah warga Pulou Mandangin saat ini sekitar 26 ribu. Selama ini guna memenuhi kebutuhan air bersih untuk minum dan masak, warga mengandalkan air hujan yang ditampung atau membeli air isi ulang. Sehingga, terasa sangat berat dan terbebani,” terang H. Muus, tokoh masyarakat Pulau Mandangin.

Menurut Muis, warga Pulau Mandangin bekerja sebagai nelayan. Bekerja sebagai nelayan penghasilannya tidak menentu. Artinya, saat musim musim kemarau dan angin timur dengan gelombang air laut tinggi, dapat dipastikan nelayan pulau Mandangin tidak melaut. Sehingga, nelayan tidak memiliki penghasilan.

“Saat ini sudah masuk musim kemarau, warga pulau Mandangin sangat mengharap adanya bantuan air bersih dari Pemkab Sampang karena masyarakat sangat membutuhkan. Sebab, mesin pengelolaan air laut menjadi air tawar sampai sudah lama rusak dan tidak berfungsi,” ungkapnya.

Menariknya, keluhan warga Pulau Mandangin terkait kekurangan air bersih dan mengharap bantuan dari Pemkab Sampang, juga diungkapkan peserta Media Gathering wartawan Bidiknews Syamsul Arifin, di Jambu Luwuk Hotel dan Resort Batu Malang, beberapa waktu lalu, saat sesi tanya jawab.

Menanggapi hal itu, Bupati Sampang H. Slamet Junaidi, akan menindaklanjuti dan mengagendakan kunjungan langsung ke pulau Mandangin, untuk bertatap muka langsung dengan warga dan tokoh masyarakat setempat. Sehingga, apa yang menjadi keluhan dan di butuhkan, bisa cepat terselesaikan.

Reporter : Muh. Nora
Editor : Redaksi
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *