Wabup Jember Dukung Pembebasan Lahan Sekti Jember

JEMBER, Sabtu (17/3/2018) suaraindonesia-news.com – Sebanyak 10 kelompok tani yang tergabung dalam Serikat Tani Independen menyelenggarakan Tahlil Qubro sebagai ajang temu tani dan langkah konsolidasi antar tani, yang bertempat di Desa Pace, Kecamatan Silo, Sabtu (17/3).

Kegiatan tersebut untuk menyukseskan reformasi agraria yang selama ini diperjuangkan oleh petani serta menegaskan bahwa Kepemilikan Usaha Tanah di Indonesia atas Hak Guna Usaha itu tidak jelas bahkan sudah mati.

Reformasi Agraria merupakan salah satu Program Nawacita Presiden Joko Widodo, terutama cita ke 5 yang berdasarkan sila kelima Pancasila dan UUD 45 pasal 33 ayat 3.

Baca Juga: Unik, Tradisi Ogoh-ogoh Sukoreno Diawali Istighosah 

“Bahwa kekayaan alam seluas-luasnya untuk kesejahteraan rakyat. Pemerintah harus melakukan penataan ulang terhadap kepemilikan tanah serta menyelesaikan konflik yang terjadi pada masyarakat tani,” tegas M. Jumain, Dewan Pengawas SEKTI Jember.

Jumain lantas berharap kepada Pemerintah Daerah untuk segera membentuk Gugus Tugas Reformasi Agraria agar kebebasan lahan masyarakat petani terhadap konflik kepemilikan, penguasaan dan pemanfaatan tanah segera terselesaikan.

Komisi A. DRPD Jember, David yang juga turut hadir dalam acara tersebut, mengatakan bahwa dirinya siap mengawal persoalan reforma agraria sampai ke tingkat Kementerian.

Baca Juga: Desa Sukoreno Didapuk Menjadi Desa Pancasila 

“Kami di Komisi A. DPRD Jember bersama Pemkab berupaya, Insya Allah dan mudah-mudahan tidak lama lagi akan memdapatkan hasil yang baik dari perjuangan penjenengan semua, sebab Pemkab juga sudah proses suratnya kepada Kementerian,” jelas David, Anggota DPRD Jember Komisi A.

Selain itu, Wakil Bupati Jember KH. Muqit. menyampaikan dukungannya terhadap perjuangan SEKTI Jember dan selanjutnya akan menyampaikan persoalan ini kepada Bupati agar keinginan masyarakat dalam pembebasan lahan menjadi hak milik segera terwujudkan.

“Namun jangan sampai kemudian dalam perjuangan ini, di tunggangi oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab, yang pada akhirnya akan menghambat proses tersebut,” pesan Wabup kepada Pengurus SEKTI Jember.

Reporter: Eko Riswanto
Editor : Amin
Publisher : Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here