Tuding Kinerja DPRD Lemot, Mahasiswa Sumenep Demo Gedung DPRD

oleh -26 views
Forum Komunikasi Mahasiswa Sumenep (FKMS) saat gelar aksi demo di DPRD Sumenep, Madura, Jawa Timur.

SUMENEP, Kamis (29/03/2018) suaraindonesia-news.com – Aktivis Forum Komunikasi Mahasiswa Sumenep (FKMS) kembali menggelar aksi unjuk rasa di Gedung DPRD Sumenep, Madura, Jawa Timur, Kamis (29/03/2018) pagi.

Kedatangan mereka untuk mempertanyakan kejelasan 14 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) TA 2017 yang hingga kini tak kunjung selesai.

Tidak hanya itu saja, mereka juga menuding anggota DPRD hanya menghabiskan anggaran untuk kegiatan yang tidak jelas. Sehingga, penyelesaian dari 14 Raperda yang rampung hanya 4 yang disahkan sebagai Perda, sementara 10 Raperda yang tersisa hingga saat ini masih fiktif.

“Mereka (anggota DPRD, red) gagal dalam menjalankan fungsi legislasinya. Kunjungan kerja hanya dijadikan kesempatan untuk jalan-jalan dengan berkedok tugas. Padahal, hanya untuk menghabiskan anggaran ratusan juta,” teriak salah seorang orator aksi.

Menurutnya, selama ini DPRD mendapat banyak fasilitas bahkan terkesan dimanja oleh Negara, sementara rakyat menjadi korban atas lambannya kinerja Dewan terhadap fungsi dan tugasnya di parlemen.

“Dewan lemah dalam menjalankan fungsi kontrol, buktinya hingga saat ini Raperda terbengkalai. Mereka taunya hanya menghabiskan uang rakyat, sedangkan diluar sana rakyat menderita,” kesalnya.

Bahkan, dari kesalnya, peserta aksi membuat kuburan di depan Gedung DPRD dengan bertuliskan “Kinerja DPRD Wafat”. Hal itu sebagai bentuk protes atas ketidak beresan kinerja anggota DPRD terkait lambannya penyelasaian Raperda 2017.

Pantauan dilokasi, mahasiswa terus berorasi menyuarakan aspirasinya. Hingga akhirnya orasi mereka dihentikan setelah dipanggil anggota DPRD untuk berdialog di ruang Komisi III.

Reporter : Zain
Editor : Amin
Publisher : Imam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *