Terkendala Teknis, Penetapan Anggota DPRD Kabupaten Pekalongan Diundur

oleh -17 views
Ketua KPU Kabupaten Pekalongan, Abi Rizal saat di kantornya.

PEKALONGAN, Kamis (4/7/2019) suaraindonesia-news.com – Penetapan Anggota DPRD Kabupaten Pekalongan hasil Pemilu 2019 harus diundur. Pasalnya, masih ada kendala teknis yang belum terselesaikan.

Ketua KPU Kabupaten Pekalongan, Abi Rizal mengatakan, seharusnya hari ini sudah melakukan rapat pleno penetapan caleg DPRD. Namun itu diundur karena masalah teknis. Padahal hari ini sudah direncanakan rapat pleno di Hotel Dafam Pekalongan.

“Harusnya hari ini, karena belum ada putusan dari KPU RI dan Mahkamah Konstitusi (MK) maka rapat pleno harus ditunda,” ungkapnya.

Abi menambahkan, mundurnya rapat pleno juga karena intruksi dari KPU RI. Dimana KPU pusat menyebut, rapat pleno penetapan calon terpilih bagi daerah (kota/kabupaten) yang tidak ada perselisihan umum, ditunda menunggu sampai diterima Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK) dari MK.

Sesuai ketentuan Peraturan KPU Nomor 01 tahun 2019 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2019 mengatur penetapan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota bagi daerah yang tidak terdapat perselisihan hasil pemilu, dilakukan paling lama tiga hari setelah MK mencantumkan permohonan perselisihan hasil pemilu dalam Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK).

“Semula BRPK MK diterima 1 Juli 2019, dan sesuai aturan selambat-lambatnya sidang pleno dilakukan tiga hari setelah penerimaan BPRK itu. Tapi faktanya, sampai sekarang BPRK MK itu belum sampai ke Kabupaten Pekalongan,” imbuh Abi.

Sejauh ini, Abi belum bisa memastikan kapan bisa menggelar rapat pleno penetapan caleg terpilih anggota DPRD Kabupaten Pekalongan 2019.

Reporter : Arsyad
Editor : Agira
Publisher : Mariska

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *