Sebanyak 732 JCH Sumenep Resmi Diberangkatkan, Begini Tiga Pesan Wakil Bupati Sumenep

oleh -3 views
Foto : Pemberangkatan jema'ah calon haji 2024 kebupaten Sumenep oleh Wakil Bupati Sumenep Dewi Khalifah.

SUMENEP, Jum’at (07/06) suaraindonesia-news.com – Jema’a Calon Haji (JCH) 2024, Madura, Jawa Timur, resmi diberangkatkan menunaikan haji ke tanah suci oleh wakil bupati Sumenep Dewi Khalifah.

Keberangkatan diawali dengan adzan dan selawat di depan Labeng Mesem menuju asrama haji Sukolilo, Surabaya, Sabtu (7/6/2024) dini hari.

Ada sebanyak 732 JCH yang diberangkatkan, JCH itu sendiri terdiri tebagi dua kelompok, pertama kloter 96 sebanyak 366 jema’ah dan bagi kloter 97 sebanyak 366 jema’ah.

Wakil Bupati Sumenep Dewi Khalifah mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya terutama kepada seluruh jajaran kementerian agama, para panitia dan juga kepada seluruh masyarakat kabupaten Sumenep.

“Kami harap para jema’ah diberikan kelancaran dan kesehatan hingga sampai pada tujuan dan mudah-mudahan jumlah ini berangkat sampai pulangnya nanti tidak berkurang,” katanya.

Pada kesempatan itu pula Wakil Bupati Sumenep menyampaikan tiga pesan penting bagi seluruh jema’ah calon haji 2024.

Baca Juga: Sebanyak 898 JCH 2024 Ikuti Manasik Akbar dan Simbolis Pelepasan, Ini Pesan Penting Bupati Sumenep

Pertama, pihaknya berpesan kepada seluruh jema’ah calon haji bahwa mereka tamu Allah yang termasuk orang-orang yang terpilih untuk berangkat ketanah suci menjadi jadi tamu Allah SWT.

Kedua, setiap kewajiban-kewajiban rukun haji yang akan dilaksanakan itu harus diutamakan jangan sampai hal-hal yang tidak perlu didahulukan.

“Kami harapkan para jema’ah calon haji bisa melaksanakan rukun hajinya dengan sempurna, dan menjaga kesehatan tentu kekompakan, kesatuan dan nama baik kabupaten Sumenep dan Indonesia,” terangnya.

Pihaknya juga meminta kepada jema’a calon haji untuk jangan malu dalam konsultasi kepada para petugas yang mendampingi.

Pesan yang terakhir ia berpesan jema’a calon haji untuk selalu menjaga kesehatannya selama perjalanan hingga sampai ketanah suci baik di Mekkah maupun di Madinah dan memperbanyak mengkonsumsi air terutama air zamzam.

Tentutunya hal tersebut menurutnya Kerena kondisi situasi di Mekkah maupun di Madinah cuaca suhu disana sangat panas mencapai 40 sampai 50 derajat Celcius.

“Maka penting bagi JCJ untuk sering makan makanan yang bergizi dan buah-buahan untuk menjaga kesehatan maupun stamina tetap stabil,” tukasnya.

Reporter : Ari
Editor : Amin
Publisher : Eka Putri

Tinggalkan Balasan