Ribuan Warga Ikut Meriahkan Festival Tahu Tempe Desa Wonosari Jember

JEMBER, Sabtu (6/7/2019) suaraindonesia-news.com – Ribuan warga Desa Wonosari, Kecamatan Puger, Jember tumpah ruah menyaksikan festival tahu dan tempe yang digelar oleh pemerintah desa setempat, Sabtu (6/7) pagi. Puluhan gunungan tahu dan tempe diarak keliling desa, warga menari dan bergembira sebagai wujud rasa bangga akan produk lokal desa setempat.

Sudah sejak lama, tahu dan tempe menjadi produk unggulan Desa Wonosari, Kecamatan Puger. Sedikitnya ada 40 pengusaha yang memproduksi tahu dan tempe di desa ini setiap harinya dengan jangkauan pemasaran meliputi Kecamatan Puger, Kecamatan Gumukmas, Kecamatan Jombang, Kecamatan Balung Dan Kecamatan Ambulu.

“Untuk memperkenalkan produk Desa Wonosari yang telah lama memproduksi tahu dan tempe, ini baru pertama kali diselenggarakan dan selanjutnya akan dijadikan agenda tahunan desa,” ucap Ketua Panitia, Kasiono Wibowo.

Bupati Jember, Faida juga ikut jalan kaki bersama warga berkeliling desa dalam festival tersebut. Dia mengaku senang atas ide kreatif warga dalam mempromosikan produk desanya.

“Festival ini selain sebagai promosi, juga meningkatkan rasa bangga, kekompakan dan bisa menjadi destinasi wisata baru. Saya selaku bupati sangat bersyukur atas kegiatan ini dan kita mendukung,” terang Bupati Jember, Faida.

Faida berharap, ke depannya produk tahu dan tempe Desa Wonosari dikembangkan dengan meneken perjanjian kerjasama dengan seluruh sekolah yang berada di Kecamatan Puger.

“Kita harap ke depan diimbangi dengan kerjasama dengan sekolah-sekolah dengan pemerintah desa dan kecamatan sehingga di seluruh sekolah tersebut ada olahan tahu dan tempe dari Desa Wonosari ini. Dengan cara seperti itu, para siswa-siswi akan mengenal produk-produk lokal tahu dan tempe wonosari karena ini juga sumber protein bagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan dan meningkatkan kecerdasan mereka,” pintanya.

Reporter : Guntur Rahmatullah
Editor : Amin
Publisher : Dewi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here