Monggo Pinarak Yoso, Ramaikan Pasar Sabtu Pahing

Suasana Pasar Sabtu Pahing

LUMAJANG, Minggu (7/7/2019) suaraindonesia-news.com – “Monggo Pinarak Yoso” itulah brand image yang dijual untuk meramaikan event di Desa Yosowilangun Lor, Kecamatan Yosowilangun, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Dan kegiatan rutinan adalah gebyar Pasar Sabtu Pahing. Ketua Panitia kegiatan ini, Johan Adi Sanjaya, kepada awak media menjelaskan kalau Pasar Sabtu Pahing adalah sebuah kegiatan guyub gayeng migunani, menata Desa membangun negara.

Sebab menurut Johan, desa itu adalah lumbung potensi, dan harus siap untuk go lokal.

Dikatakan Johan, bahwa konsep ekonomi kerakyatan itu bukan jargon tekstual, tetapi harus mengejawantah dalam bentuk pengembangan ekonomi, sosial dan budaya yang kontekstual menjawab kebutuhan praktis.

“Jadi dengan adanya Pasar Sabtu Pahing ini uang diputar di desa dengan muncul potensi ekonomi kerakyatan disini,” jelasnya.

Dengan semangat guyub gayeng migunani inilah, maka sebuah kekuatan desa sedang dibangun.

Pasar Sabtu Pahing ini kata Johan mempunyai bentuk pasar berbeda, yang tidak hanya fokus pada kegiatan jual beli saja. Disini ada gebyar budaya, ada pendidikan membatik, robotika, desain, ada juga bedak berbagi.

“Start jam 8 pagi, selain itu ada juga kuliner tradisional loh, paket lengkap banget. Rugi kalau tidak datang,” ujarnya.

Selain itu, masyarakat juga bisa menonton kesenian gratis, bagi anak-anak ada wahana edukasi, bisa juga jagongan bersama keluarga.

Sementara itu, salah seorang warga yang ikut berjualan di Pasar Sabtu Pahing mengutarakan kalau dirinya sangat senang bisa andil dalam kegiatan ini.

“Alhamdulillah saya bisa mengais rejeki dari kegiatan seperti ini. Kalau bisa jangan hanya pas Sabtu Pahing, mungkin bisa waktu lainnya,” ungkapnya.

Dari pantauan awak media, Pasar Sabtu Pahing berakhir pada pukul 21.00 wib.

Reporter : Fuad
Editor : Amin
Publiser : Dewi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here