Potensi Cuaca Ekstrem, BMKG Ingatkan Masyarakat Aceh Timur Waspada

oleh -201 views
Foto: Ilustrasi (Ist/SI)

ACEH TIMUR, Minggu (04/09/2022) suaraindonesia-news.com – Curah hujan yang mengguyur beberapa wilayah di Kabupaten Aceh Timur dengan intensitas ringan dan lebat ternyata disebabkan oleh pengaruh proses pembentukan awan hujan di sekitar selat malaka.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Malikussaleh Lhokseumawe mengingatkan masyarakat agar terus tetap waspada.

Forecaster BMKG Malikussaleh Lhokseumawe, Hangra Travera Ulfi saat mengatakan, terjadinya curah hujan dengan intensitas lebat dan ringan dikarenakan pengaruh pembentukan awan hujan di selat malaka.

“Kolaborasi dinamika atmosfer seperti suhu muka laut yang bertahan hangat sepekan belakangan ini di selat Malaka serta ditambah aktifnya dipole mode membuat suplai uap air signifikan,” kata Hangra saat dihubungi Suara Indonesia, Minggu (04/09).

Kondisi tersebut, kata Hangra, akan berkontribusi terhadap proses pembentukan awan hujan di sekitar selat Malaka.

“Tentu akan berpengaruh terjadinya hujan di wilayah Aceh Timur dan sekitarnya,” terang Hangra.

Ia menyebutkan, kondisi cuaca masih diperkirakan bertahan. Dimana, potensi hujan masih ada untuk tiga hari ke depan di sekitar wilayah Aceh Timur dengan intensitas ringan hingga lebat.

“Untuk tiga hari ke depan di Aceh Timur dan sekitarnya masih terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat,” sebutnya.

Sebab itu, pihaknya mengimbau agar masyarakat tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem.

“Masyarakat harus waspada terhadap potensi cuaca ekstrim seperti angin puting beliung, hujan lebat disertai kilat atau petir, hujan es, dan lainnya,” imbaunya.

“Dampak yang dapat ditimbulkannya seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin,” kata Hangra lebih lanjut.

Reporter : Masri
Editor : M Hendra E
Publisher : Nurul Anam

Tinggalkan Balasan