Polres Probolinggo Bekuk Sindikat Perampok Bawang Putih Lintas Daerah

oleh -24 views
Kapolres Probolinggo AKBP. Fadly Samad, menunjukkan BB dan pelaku yang ditembak kakinya oleh petugas.

PROBOLINGGO, Kamis (22/3/2018) suaraindonesia-news.com – Sindikat perampok spesialis bawang putih lintas daerah yang merampok truck fuso yang bermuatan 20 ton bawang putih di daerah Paiton, Kabupaten Probolinggo Jawa Timur yang terjadi pada Selasa (20/3/2018) baru lalu, dalam waktu yang relatif singkat para pelaku berhasil dibekuk oleh Sat Reskrim Polres Probolinggo.

Kawanan sindikat perampok truck fuso yang bermuatan 20 ton bawang putih itu adalah ; 1). Nihap alias pak Hari (45), warga Desa Talkandang, Kecamatan Kotaanyar, Kabupaten Probolinggo. 2). Yodho Poerboyo (40), warga Desa Kedungdalem, Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo. 3). Edi (38) warga Pandaan, Kabupaten Pasuruan, dan ke 4). DW merupakan residivis dan masuk dalam daftar pencarian orang (DPO).

“Sindikat kawanan perampok spesialis bawang putih ini terpaksa dihadiahi timah panas oleh petugas, karena saat akan ditangkap berupaya melarikan diri, dan mencoba menabrak petugas dengan mobil avanza yang dikendarainya,” tuturnya.

Kapolres Probolinggo AKBP. Fadly Samad kepada insan media saat konferensi pers mengungkapkan, kawanan perampok truck fuso bermuatan 20 ton bawang putih ini ditangkap oleh petugas Sat Reskrim Polres Probolinggo, hari Selasa (20/3/18) sekira jam 20.00 Wib, selang 12 jam dari laporan Samsudin (korban), pengemudi truck fuso nopol DK.8876.D yang memuat 20 ton bawang putih yang dirampok oleh para pelaku.

“Dengan adanya laporan korban tersebut, Polisi kemudian melakukan penyelidikan, dan dalam waktu 12 jam, empat tersangka kawanan perampok itu berhasil diungkap, dan ditangkap,” ungkap AKBP Fadly Samad, Kamis (22/3/2018).

AKBP. Fadly Samad membeberkan, awal terjadinya perampokan, pada saat korban berhenti istirahat didatangi para pelaku yang mengendarai mobil Avanza warna silver. Kemudian korban diancam dengan senjata tajam (sebilah pisau), korban dipaksa masuk ke dalam mobil Avanza yang digunakan pelaku.

Setelah korban ada di dalam mobil, kepala korban ditutup dengan sarung, dan truck fuso yang bermuatan 20 ton bawang putih diambil alih oleh kawanan pelaku. Korban oleh pelaku kemudian dibawa dan diturunkan di daerah Bangsalsari, Kabupaten Jember.

Korban kemudian melapor ke Polres Jember. Karena tempat kejadian perkara (TKP) di wilayah hukum Polres Probolinggo, oleh petugas Polres Jember korban diantar ke Polres Probolinggo, Selasa (20/3/18) sekira jam 09.00 Wib.

Dalam laporannya korban menerangkan, hari Selasa (20/3/2018) sekira jam 02.00 Wib, truck fuso nopol DK.8876.D dengan muatan 20 ton bawang putih yang dibawanya telah diminta secara paksa oleh kawanan orang yang tidak dikenal di daerah Paiton Probolinggo.

Dengan adanya laporan korban itu, petugas langsung melakukan penyelidikan, dan dalam waktu 12 jam, dihari yang sama, Selasa (20/3/18) sekira jam 20.00 Wib para pelaku berhasil ditangkap di daerah Klakah, Kabupaten Lumajang.

Para pelaku ini merupakan sindikat spesialis lintas daerah, ungkap Kapores AKBP. Fadly Samad menjelaskan.

“Para pelaku terpaksa dihadiahi timah panas, karena saat hendak ditangkap oleh petugas, para tersangka ini berupaya melarikan diri dan mencoba menabrak petugas dengan mobil Avanza yang dinaikinya. Sementara satu tersangka yang terkena timah panas di pipinya sekarang masih dirawat di rumah sakit,” kata Fadly Samad.

Fadly Samad menegaskan, para pelaku perampokan dijerat pasal 365 KUHPidana tentang pencurian dengan kekerasan (curas), dengan ancaman hukuman selama 12 tahun penjara.

“20 ton bawang putih, truck Fuso nopol DK.8876.D warna hijau, sebilah pisau milik pelaku, sarung milik pelaku, dan mobil Avanza warna silver yang digunakan pelaku untuk melakukan tindak kejahatan kami amankan di Mapolres, sebagai barang bukti,” tandasnya.

Reporter : S. Widjanarko
Editor : Agira
Publisher : Tolak Imam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *