Pj Wali Kota Bogor Sampaikan Pentingnya Peran BUMD

oleh -3 views
Foto: Pj Wali Kota Bogor (tengah) di dampingi Direksi Perumda Tirta Pakuan.

KOTA BOGOR, Rabu (03/07) suaraindonesia-news.com – Penjabat Wali Kota Bogor Hery Antasari bersilaturahmi ke kantor Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor di Jalan Siliwangi. Dalam kunjungannya sekaligus memberikan arahan terkait Peran BUMD Untuk Pembangunan Kota Bogor kepada seluruh jajaran karyawan Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor.

Hery mengatakan, peran BUMD dalam menyokong pembangunan Kota Bogor sangat besar. Semua itu bisa tercapai karena kerja sama dan kolaborasi yang terjalin baik dengan berbagai pihak.

Hal ini tentunya sesuai dengan instruksi yang pernah disampaikan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Yakni, BUMD harus berkembang melalui kerja sama dengan kerja sama pemerintah
dengan badan usaha, Joint Venture atau dalam format lainnya.

Baca Juga: 24 Atlet Pelajar Kota Bogor Siap Harumkan Nama Kota di O2SN Provinsi

“Atas nama Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, kami mengucapkan terima kasih kepada Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor yang selama ini telah memberikan kontribusi dalam Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Bogor,” ujar Hery.

Selain itu kata dia, BUMD memiliki peran dalam mewujudkan kemakmuran dan pembangunan Kota Bogor dengan memberikan kontribusi terhadap penerimaan PAD, baik dalam bentuk deviden atau pajak.

Terkait tantangan dalam meningkatkan PAD salah satunya dapat dijawab dengan meningkatkan peran atau kontribusi BUMD. Secara makro, peran BUMD terhadap perekonomian daerah dapat diukur melalui nilai tambahnya terhadap Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB) dan kemampuannya menyerap tenaga kerja.

“BUMD merupakan sebuah perwujudan dari peran pemerintah daerah dalam pembangunan ekonomi daerah. Saya berharap Perumda Tirta Pakuan terus berkomitmen untuk memberikan kontribusi bagi pembangunan Kota Bogor dan pelayanan terbaik bagi masyarakat Kota Bogor,” kata dia.

Hery menegaskan, Perumda Tirta Pakuan juga harus terus mempertahankan prestasi dan kinerja yang telah diraih saat ini. Tercatat pada 2023, Perumda Tirta Pakuan Bogor meraih beberapa penghargaan prestisius, termasuk penghargaan dari SNI Awards dan penghargaan tertinggi dari Badan Standardisasi Nasional (BSN) atas standar layanan masyarakat.

“Pengakuan sebagai yang terbaik di Jawa Barat juga menjadi prestasi gemilang, sejalan dengan pendapatan dan produksi terbesar sepanjang sejarah perusahaan, serta jaringan yang semakin luas,” kata Hery.

Di lokasi yang sama, Direktur Utama Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor, Rino Indira Gusniawan mengatakan, ada beberapa hal yang ditekankan yakni layanan air bersih sebagai layanan dasar tidak boleh sampai terganggu.

Reporter: Iran G Hasibuan
Editor: Amin
Publisher: Eka Putri

Tinggalkan Balasan