Pengedar Pil Koplo Asal Probolinggo, Ditangkap Di Lumajang

Ratusan ribu BB pil koplo ditunjukan Kapolres Lumajang

LUMAJANG, Rabu (4/7/2018) suaraindonesia-news.com – Ratusan ribu pil koplo asal kota Anggur dan Mangga, Kabupaten Probolinggo masuk ke kota Pisang, Kabupaten Lumajang, dibawa oleh dua pengedar.

Menurut Kapolres Lumajang, AKBP Rachmad Iswan Nusi SIK MH, kepada sejumlah wartawan menerangkan jika ratusan ribu itu dibawa dua orang pengedar, warga asal Jalan Brabe Maron RT 26 RW 11 Desa Brabe, Kecamatan Maron, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

“Mereka adalah Firman Wahyudi (40) dan Rendra Wahyu Nurdiansyah (27), keduanya di tangkap saat mengedarkan pil koplo di tepi jalan raya Klakah utaranya sebuah hotel, Senin (2/7) sekitar pukul 00.30 wib lalu,” terang AKBP Rachmad, tadi pagi di Mapolres Lumajang.

Dan ini, kata Kapolres Lumajang, berkat kesigapan dan pengintaian oleh Tim buru sergap (Buser) Satreskoba Polres Lumajang, akhirnya keduanya berhasil dibekuk.

Dari kedua tangan tersangka, Kapolres juga menjelaskan kalau pihaknya telah mengamankan 143 ribu butir pil, dengan rincian 117 ribu pil warna putih logo ‘Y’, dan 26 ribu pil warna kuning logo ‘DMP’.

“Polisi juga mengamankan uang tunai hasil penjualan sebesar Rp  1.154.000, dan dua HP serta motor Yamaha merk N-Max,” paparnya lagi.

Untuk kepentingan proses penyidikan, kedua tersangka dibawa ke Mapolres Lumajang untuk menjalani pemeriksaan.

“Kedua tersangka saat ini masih dalam menjalani pemeriksaan, dan untuk mengembangkan pelaku lainnya. Dan tersangka baru dua kali melakukan kegiatan ini,” tambahnya.

Kedua tersangka dengan Pasal 196 Sub. 197 UURI No. 36 tahun 2009, tentang kesehatan Jo. Pasal 55 ayat (1) KUHP.

Sementara itu, Kasat Narkoba Polres Lumajang, AKP Priyo Purwandito menjelaskan jika bukan hanya pengedar pil koplo yang ditangkap, melainkan ada juga pengedar shabu-shabu yang ketangkap.

“Yaitu Nur Kolik Bin Muji (47), warga Dusun Krajan Timur, Desa Labruk Kidul, Kecamatan Sumbersuko, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, karena edarkan barang haram tersebut, ya kami tangkap,” beber AKP Priyo, tadi.

Diungkap Kasat Narkoba Polres Lunajang, juga menyampaikan ketangkep tersangka itu pada Kamis (21/6) lalu, sekitar pukul 22.00 wib, di jalan Raya Dusun Petung, Desa Kaliboto Kidul, Kecamatan Jatiroto, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

“Dari tangan tersangka kami dapati 12 poket shabu-shabu dengan berat 5,06 gram. Dan tersangka melanggar pasal 114 (1) Subsider pasal 112 (1) Jo. pasal 127 (1) UURI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Dengan ancaman hukuman paling lama 10 tahun, serta denda paling banyak Rp 1 milyar,” ujarnya.

Ternyata, dari pengakuan tersangka ini, juga pernah ditahan dengan kasus yang sama.

Reporter : Achmad Fuad Afdlol
Editor : Agira
Publiser : Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here