Penerima BLT, Puluhan Warga Tuding Keuchik Blang Awe Pilih Kasih

oleh -791 views
Foto: Ilustrasi

ACEH TIMUR, Kamis (22/05/2020) suaraindonesia-news.com – Puluhan warga Desa/Gampong Blang Awe, Kecamatan Madat, Kabupaten Aceh Timur lakukan aksi protes kepada Kepala Desa/Keuchik karena dinilai tebang pilih atau pilih kasih dalam pemberian dana Bantuan Langsung Tunai (BLT).

Aksi protes tersebut berlangsung menjelang penyaluran BLT di aula kantor keuchik, Kamis (22/05) yang turut hadir unsur muspika Madat.

Menurut Tihawa (35) salah seorang warga dalam aksi protes tersebut mengatakan pihaknya datang bukan untuk membuat kericuhan, tapi menuntut keadilan.

“Kenapa warga yang lebih berhak mendapatkan bantuan, tapi banyak yang tidak masuk dalam data penerima BLT, bahkan kami melihat yang mendapatkan kebanyakan keluarga yang lebih mampu,” kata Tihawa.

Ia mengaku sangat kecewa dengan kebijakan keuchik yang tebang pilih, lebih mengutamakan keluarganya sendiri dari pada yang lebih berhak.

Keuchik Blang Awe Ramli Maun alias Ayah Muda saat dikonfirmasi membantah tudingan mereka, menurutnya penyaluran sudah sesuai dengan hasil musyawarah dan aturan.

“Tidak benar apa yang di tuding oleh mereka, bahkan mereka sendiri yang tergolong keluarga mampu, rumah mereka besar, punya harta, punya tanah,” kata Ayah Muda.

“Tidak mungkin semua warga dapat diberikan BLT kerena keterbatasan anggaran, yang belum dapat melalui BLT kita usulkan kepada Bupati Aceh Timur pada tahap berikut nya,” jelas Ayah Muda itu.

Sementara Camat Madat Muchtaruddin, mengatakan untuk menghindari hal-hal yang tak di inginkan proses penyaluran tetap di lanjutkan tapi secara dor to dor.

Menurutnya, bagi keluarga yang keberatan yang tidak mendapatkan BLT, Muspika Madat telah menurunkan Tim untuk melakukan pendataan, bila layak mendapatkan BLT akan kita usulkan kepada Bupati.

“Tadi sudah saya sampaikan kepada Bupati,” ujar Mukhtaruddin.

Jumlah KPM (Keluarga Penerima Manfaat) Dana BLT Desa Blang Awe sebanyak 107 orang, rencananya di salurkan di kantor keuchik, karena ada aksi protes warga, maka proses penyaluran di urungkan, selanjutnya di salurkan secara dor to dor.

Reporter : Masri
Editor : Amin
Publisher : Ela

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *